Sabtu 29 Februari 2020, 06:20 WIB

Kejutan, Laju Arsenal Terhenti

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Kejutan, Laju Arsenal Terhenti

(Photo by Adrian DENNIS / AFP)
Youssef El-Arabi (C) mencetak gol di akhir pertandingan saat perpanjangan waktu leg kedua antara Arsenal dan Olympiakos

 

FINALIS musim lalu Arsenal secara mengejutkan tersisih di babak 32 besar Liga Europa, kemarin WIB, setelah kalah agregat gol tandang dari Olympiakos Yunani.

Bermodal kemenangan tandang 1-0, the Gunners justru takluk 1-2 dari tamunya, Olympiakos Yunani, di Stadion Emirates, melalui laga perpanjangan waktu.

Olympiakos memaksa duel dengan perpanjangan waktu, setelah Pape Abou Cisse di menit gol ke-53 dan bertahan hingga waktu normal usai. Pierre-Emerick Aubameyang membawa Arsenal unggul agregat dengan mencetak gol di menit ke-113. Namun, publik Emirates terdiam ketika Youssef El Arabi mencetak gol pada menit ke-120.

"Ini malam yang bersejarah bagi Olympiakos. Kami pantas lolos, tidak hanya dua laga melawan Arsenal, tapi karena penampilan kami di Eropa sejauh ini. Kami yakin bisa lolos dan kami membuktikannya," kata pelatih Olympiakos Pedro Martins.

Di kubu Arsenal, arsitek Mikel Arteta mengatakan anak asuhnya lengah saat bola mati yang berujung dua gol tim lawan. "Ini sangat menyakitkan. Kami menguasai pertandingan dan menciptakan peluang, tapi dengan kebobolan melalui bola mati membuat kami berada di posisi sulit," kata Arteta.

Berbeda dengan nasib Arsenal, dua wakil Inggris tetap melaju ke babak 16 besar. Manchester United menang besar 5-0 atas tamunya, Club Brugge, Belgia, sehingga unggul agregat 6-0. Wolverhampton Wanderers kendati takluk 2-3 dari Espanyol, tetap melaju dengan agregat 6-3 berkat kemenangan kandang 4-0 di leg pertama, pekan lalu.

Hasil undian babak 16 besar, kemarin, mempertemukan 'Setan Merah'--julukan Manchester United--dengan Laks Austria, sedangkan Wolves jumpa penakluk Arsenal, Olympiakos.

Duel berebut tiket perempat final lain, Glasgow Rangers, tim besutan Steven Gerrard dan finalis 2008, jumpa Bayer Leverkusen yang menyisihkan FC Porto pada duel sesama juara. Inter Milan, juara 1991, 1994, dan 1998, bentrok dengan tim kejutan dari La Liga, Getafe yang menyisihkan raksasa Belanda, Ajax Amsterdam.

Kampiun lima kali Sevilla bakal melakoni laga sulit melawan AS Roma. Juara 2009, Shaktar Donetsk ditantang Wolsfurg. Klub Turki, Basaksehir bertemu FC Copenhagen. Satu laga lagi, yakni Basel menunggu pemenang antara Eintracht Frankfurt dan Salzburg.

Berburu rekor

Dari Liga Inggris, kandidat kuat juara musim ini Liverpool memburu rekor saat melawan tim papan bawah Watford, dini hari ini. Bertandang ke Vicarage Road, tiga poin akan membawa pasukan Juergen Klopp memecahkan rekor kemenangan beruntun. Sejauh ini Liverpool menyamai catatan milik Manchester City dengan torehan 17 kemenangan beruntun.

Tak sampai di situ. Jika the Reds--julukan Liverpool--menang, mereka semakin dekat dengan rekor tak terkalahkan paling lama milik Arsenal. Liverpool kini tak terkalahkan sepanjang 44 laga dan hanya terpaut 5 laga dari catatan Arsenal pada 2004 itu.

Kesempatan sangat terbuka bagi Liverpool karena performa Watford. Tim asuhan Nigel Pearson itu tak menang di lima penampilan. Terakhir, Watford dibantai Manchester United 0-3.

Di Liga Italia, Lazio berpeluang mengudeta Juventus dari puncak klasemen sementara, dengan syarat menang atas Bologna, malam ini. Lazio kini hanya berjarak satu angka dari Juve yang baru tampil menjamu seteru berat Inter Milan, Minggu (1/3) malam. Laga di Turin itu digelar tanpa penonton karena wabah virus korona. (AFP/bbc/R-2)

Baca Juga

AFP/Juan BARRETO

CONMEBOL Desak FIFA Bahas Bantuan untuk Klub Selama Pandemi

👤Antara 🕔Kamis 09 April 2020, 09:15 WIB
Pesan yang dikeluarkan CONMEBOL mengatakan dimulainya kembali sepak bola di seluruh dunia akan bergantung pada dukungan tepat waktu...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Riise dan Putrinya Alami Kecelakaan Lalu Lintas

👤Kautsar Halim 🕔Kamis 09 April 2020, 09:00 WIB
Polisi setempat mendapati mobil Riise terbalik di pinggir jalan pada Rabu (8/4) sekitar pukul 02.00 dini hari waktu...
AFP/Paul ELLIS

Bruno Fernandes Mengaku Mudah Beradaptasi di MU

👤Gregorius Gelino 🕔Kamis 09 April 2020, 08:45 WIB
Bruno Fernandes telah mencetak tiga gol dan empat assist sejak didatangkan Manchester United dari Sporting Lisbon, Januari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya