Jumat 28 Februari 2020, 20:52 WIB

Unsyiah ''Sulap'' Nilam jadi Bahan Kosmetik

Hendra Saputra | Humaniora
Unsyiah

Antara
Pedagang menuangkan minyak nilam ke dalam drum untuk proses penyimpanan

 

PENGELOLAAN nilam menjadi bahan baku kosmetik berkualitas tinggi dan berbagai produk turunan lainnya yang dilakukan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mendapat apresiasi.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro menilai, upaya yang dilakukan para peneliti Unsyiah itu harus terus ditingkatkan.

''Upaya Unsyiah mengembangkan minyak nilam tentunya tidak hanya untuk sekedar civitas akademika, namun yang lebih penting dapat bermanfaat untuk masyarakat Aceh, khususnya petani nilam,'' kata Bambang saat meresmikan mesin distalasi mokuler dan fraksinasi nilam di
pusat Atsiri Research Center (ARC), Unsyiah Banda Aceh, Jumat (28/2).

Semakin banyak permintaan minyak nilam, tambahnya, baik di Indonesia maupun mancanegara, maka pendapatan petani nilam juga meningkat.

Dia minta kepada peneliti di Unsyiah untuk terus melakukan penelitian dan menciptakan inovasi baru. Karena selain nilam, masih banyak komoditas hasil alam lainnya yang dapat dikembangkan.

''Pesan saya untuk dosen dan peneliti di Unsyiah, jangan pernah berhenti berkarya untuk meningkatkan nilai tambah kekayaan alam Aceh,'' pintanya.

Sementara itu, Kepala Atsiri Research Center (ARC) Syaifullah Muhammad mengatakan mesin pengolahan nilam yang dimiliki Unsyiah saat ini mampu menghasilkan 24 ton minyak nilam pertahun dengan kualitas minyak nilam terbaik, sesuai permintaan pasar Singapura, Eropa dan Amerika Serikat.

''Kehadiran mesin ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah kebutuhan minyak nilam dalam negeri maupun untuk ekspor,'' katanya. (OL-2)

 

 

Baca Juga

Dok Kedubes Korsel untuk Indonesia

Korsel Salurkan Bantuan Covid-19 untuk Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 April 2020, 06:30 WIB
Bantuan itu meliputi alat tes (PCR test kit) dan 300 unit alat penyemprot (rechargeable battery power...
Dok.Metro TV/Medcom.id

Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 April 2020, 06:15 WIB
Polda Metro Jaya berkoordinasi dengan Pemprov DKI dan Kodam Jaya perihal pembagian bantuan secara langsung ke rumah warga yang...
Duta

Hewan Bantu Anak Bersosialisasi

👤Daily Mail/Nur/X-7 🕔Kamis 09 April 2020, 06:05 WIB
Menurut studi, berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat membantu anak-anak belajar tentang konsep...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya