Sabtu 29 Februari 2020, 05:10 WIB

Antisipasi Korona secara Komprehensif

MI | Editorial
Antisipasi Korona secara Komprehensif

MI/Duta

WABAH virus korona terus menghantui dunia. Penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan virus baru berkode SARS-Cov2 dan belakangan disebut sebagai covid-19 itu semakin berkembang ke arah gejala-gejala pandemik.

Sejak diidentifikasi pertama kalinya di Wuhan, Tiongkok, pada akhir 2019 hingga 28 Februari 2020, virus tersebut telah memapar lebih dari 82.000 orang dan menyebabkan lebih dari 2.814 kematian. Bukan hanya di Tiongkok, penyakit itu pun disebut telah menyebar ke lebih dari 50 negara di lima benua.

Beruntung, Indonesia masih dinyatakan bebas dari paparan penyakit mematikan tersebut. Meskipun ratusan kasus suspect covid-19 telah diuji, data empiris yang dirilis Kementerian Kesehatan RI sejauh ini menunjukkan tidak satu pun dari kasus tersebut terkonfirmasi positif covid-19.

Sejumlah keraguan akan status Indonesia yang 'bebas covid-19' sempat mengemuka, baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa negara,
yang terbaru Arab Saudi, tetap memasukkan Indonesia ke daftar negara yang telah terpapar covid-19. Implikasinya, Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan ibadah umrah bagi jemaah dari Indonesia.

Kita tentu menyesalkan kebijakan pemerintah Arab Saudi tersebut. Akan tetapi, kita juga memahami bahwa kebijakan untuk menerima atau menolak kedatangan warga negara lain dalam kurun waktu tertentu dan dengan alasan tertentu merupakan hak setiap negara, termasuk Arab Saudi.

Sama halnya dengan kebijakan pemerintah kita yang menghentikan untuk sementara kunjungan wisatawan dari Tiongkok. Begitu pula kebijakan kita untuk menghentikan seluruh lalu lintas penerbangan dari dan ke Tiongkok.

Namun, kita percaya sepenuhnya atas status Indonesia 'bebas covid-19' yang sejauh ini dirilis Kementerian Kesehatan RI. Kita berharap, dengan screening lalu lintas orang dan barang yang ekstra ketat serta tata laksana observasi dan isolasi yang semakin diperketat terhadap mereka yang masuk daftar suspect, Indonesia seterusnya akan terbebas dari covid-19.

Meski demikian, kita tidak boleh bersikap taken for granted dalam maraknya fenomena covid-19 ini. Mengingat dunia yang semakin terhubung
dan kian jauh memasuki era borderless, kesiapan harus kita cadangkan jika sewaktu-waktu muncul kasus positif covid-19 yang pertama di Indonesia.

Terjangkitnya seorang WNI di Singapura dan sembilan anak buah kapal Diamond Princess oleh virus mematikan tersebut merupakan fakta empiris bahwa tidak satu pun suku bangsa di dunia ini yang kebal covid-19.

Dengan kata lain, tidak ada satu negara pun yang bisa terbebas dari risiko terpapar korona.
Langkah antisipasi dan mitigasi atas pandemi korona pun bukan lagi merupakan pilihan. Ia telah menjadi keharusan. Karena itu, kita mengapresiasi keputusan pemerintah untuk mengucurkan dana Rp10 triliun demi mengantisipasi gejala penyebaran virus korona.

Paralel dengan langkah pemerintah itu, tidak boleh tidak, seluruh komponen bangsa dan negara pun harus menjadikan kesiapan, kesigapan, kewaspadaan, dan kecepatan sebagai pola sikap dan pola tindak dalam menghadapi fenomena sebaran global virus korona.

Pendekatan terhadap gejala covid-19 yang kian pandemik tidak boleh diperlakukan dengan langgam business as usual. Negara dan masyarakat harus bahu-membahu mengantisipasi secara komprehensif dampak pandemi ini terhadap seluruh aspek kehidupan.

Jika tidak diantisipasi dan dimitigasi dengan baik, pandemi ini tidak hanya mengancam kesehatan masyarakat, tetapi juga dapat melumpuhkan ekonomi negara. Itu tidak boleh dibiarkan.

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Dok.MI/Duta

Perlu Regulasi Larang Mudik

👤MI 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 08:05 WIB
PEMERINTAH baru berencana melarang mudik Lebaran 2020. Regulasi yang dibahas pekan depan itu hendaknya disertai sanksi yang tegas agar...
MI/Duta

Mencegah LP dari Covid-19

👤MI 🕔Jumat 27 Maret 2020, 08:05 WIB
LEMBAGA pemasyarakatan (LP) berpotensi menjadi salah satu zona merah penyebaran virus korona baru (covid-19) karena tingginya risiko...
MI/Seno

Paket Insentif Pengganti Mudik

👤MI 🕔Kamis 26 Maret 2020, 08:05 WIB
ESKALASI penularan covid-19, penyakit yang disebabkan virus korona baru, masih belum ada tanda-tanda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya