Jumat 28 Februari 2020, 20:10 WIB

Musim Sepi, Ini Trik DIY Menarik Wisatawan 

Ardi Teristi | Nusantara
Musim Sepi, Ini Trik DIY Menarik Wisatawan 

ANTARA
Candi Borobudur

 

WABAH virus Korona di berbagai negara cukup berdampak bagi dunia pariwisata, termasuk DIY. Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menyebut, pihaknya memyambut bai adanya insentif bagi pariwisata akibat virus korona sehingga diharapkan bisa membantu sektor pariwisata guna menarik wisatawan berkunjung di saat jumlah wisatawan rendah (low season) seperti saat ini.

Singgih mengatakan, pihaknya saat menarik wisatawan melalui berbagai promosi lewat acara Jogja Heboh yang digelar 2 Februari sampai 29 Maret 2020. "Event ini untuk menarik wisatawan," kata dia. Pasalnya, selama Jogja Heboh, berbagai diskon akomodasi disediakan.

DIY menargetkan kunjungan tahun ini mencapai 6,5 juta, 600 ribu di antaranya wisatawan mancanegara. Selain jumlah kunjungan wisatawan, DIY juga berusaha meningkatkan lama tinggal wisatawan di atas 2,15 hari. Untuk mencapai target tersebut, semua pihak perlu bersama-sama untuk membuat atraksi yang menarik dan mempromosikannya ke wisatawan. "Salah satu yang masih kurang adalah atraksi pada malam hari dan bisa berlangsung secara rutin, seperti sendratari Ramayana," kata dia.

Di DIY, total ada 414 agenda budaya yang ada sepanjang 2020, semisal  Festival Kebudayaan Yogyakarta, Art Jog, Jogja Asian Film Festival, Sekaten, dan Grebeg Gunungan. Agenda budaya tersebut memperkaya  kalender event pariwisata di DIY sehingga diharapkan dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA

Daerah Bersiap Hadapi PHK

👤Lina Herlina 🕔Rabu 08 April 2020, 03:50 WIB
GELOMBANG pemutusan hubungan kerja (PHK) ataupun yang dirumahkan mulai terjadi pada ribuan pekerja di berbagai...
MI/ Akhmad Saufa

Gegara Covid, 2500 Karyawan Hotel di Sumbar Dirumahkan

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 01:51 WIB
Sampai saat ini,  tercatat 26 dari 80 hotel di Sumbar yang sudah tutup. Bahkan, dia memperkirakan ada beberapa hotel lagi yang akan...
MI/Alexander P.Taum

Bupati Sikka Relakan Rumdinnya Jadi Area Karantina KM Lambelu

👤Alexander P. Taum 🕔Rabu 08 April 2020, 00:56 WIB
Sebanyak 233 orang akan dikarantina di rumah dinas Bupati Sikka menyusul ditemukannya 3 orang positif terinfeksi covid-19 di kapal yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya