Jumat 28 Februari 2020, 19:19 WIB

Pansus akan Selidiki Usaha Anies Cegah Banjir

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pansus akan Selidiki Usaha Anies Cegah Banjir

MI/ Ramdani
Pengendara memperlambat laju kendaraan saat melewati banjir ruas tol Jakarta-Cikampek kawasan Jatibening, Bekasi, Selasa (25/2/2020)

 

PEMBENTUKAN Pansus banjir akan fokus mengusut penyebab utama banjir yang belakangan kerap melanda Jakarta.

"Nanti kita cari sumber utamanya apa. Yang pertama (diusut) sistem drainase. Salah satu faktornya kan itu dan itu kewenangannya dari Pemprov. Kami bakal cek semua," kata Ketua Fraksi Partai Golkar, Basri Baco saat dihubungi, Jakarta, Jumat (28/2).

 

Baca juga: Program Penanganan Banjir Anies Dinilai tidak Jelas

 

Pansus, jelasnya, akan mengecek keberadaan drainase yang dianggap vital. Misalnya mengecek kapan terakhir dikuras, seberapa baik atau buruk sistem pengaliran air di drainase itu.

Selain itu, pansus banjir bakal mencari tahu bagaimana penanganan waduk, normalisasi di sungai-sungai, pengecekan sodetan dan pompa-pompa air.

"Tapi kan itu nanti harus koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Kalau pompa sendiri ada tiga. Penambahan pompa, peremajaan pompa, dan sistem penanganan pompa. Terlambat nyala itu masalah," jelas Baco.

 

Baca juga: DPRD Jakarta Sebut Banjir Kali Ini Naik Kelas

 

Ia pun mengatakan pansus banjir bakal bergerak pascapemilihan wakil gubernur. Pemilihan itu direncanakan pada pertengahan Maret nanti.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan berkomentar soal pembentukan pansus banjir oleh DPRD itu. Ia berkilah bahwa jajaran Pemerintah Provinsi Jakarta bersiaga menghadapi musim hujan kedepan.

"Yang penting pada fase ini sekarang kami fokusnya siaga, musim hujan terus berjalan," ungkap Anies di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (27/2). (OL-8)

Baca Juga

Antara

1680 Warga Jalani Rapid Test, Hanya 2 Persen Positif Covid 19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 30 Maret 2020, 22:02 WIB
Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari menuturkan masih terus melakukan test cepat atau rapid test pemeriksaan covid...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Anies Minta RT Hingga PKK Data Kelompok Risiko Tinggi Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 30 Maret 2020, 21:57 WIB
Kriteria masyarakat yang memiliki risiko tinggi yang disebutkan di atas adalah masyarakat lanjut usia di atas 60 tahun, penderita tekanan...
MI/Andri Widiyanto

Anies Benarkan Kirim Surat Minta Jakarta Dikarantina

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 30 Maret 2020, 21:54 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan Pemprov DKI Jakarta mengirimkan surat ke pemerintah pusat untuk meminta persetujuan agar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya