Jumat 28 Februari 2020, 18:16 WIB

Periksa 136 Spesimen, Kemenkes: Semua Negatif Korona

Atalya Puspa | Humaniora
Periksa 136 Spesimen, Kemenkes: Semua Negatif Korona

Antara/Muhammad Iqbal
Petugas Kesehatan Karantina Bandara Soekarno Hatta melakukan pemeriksaan acak suhu badan penumpang yang baru mendarat.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) telah memeriksa 136 spesimen yang diduga terjangkit virus korona (COVID-19) hingga Rabu (26/2). Hasil pemeriksaan menunjukkan semua spesimen negatif virus korona.

"Sampai 26 Februari, dari catatan 136 spesimen yang kita dapatkan di Indonesia, hasilnya masih negatif," jelas Subdit Ispa Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, Riyan Hermana, di Jakarta, Jumat (28/2).

Agar Indonesia tetap terbebas dari COVID-19, pihaknya meminta masyarakat berperan aktif untuk melakukan langkah pencegahan.

Baca juga: Wapres: Indonesia Negatif Korona Berkat Doa Ulama

"Kita butuh peran serta dari masyarakat. Deteksi dini, kalau ada gejala mirip influenza dan terindikasi habis melakukan kontak di wilayah epidemis, maupun pasien COVID-19, laporkan," pungkasnya.

Di lain sisi, pemerintah juga berupaya melakukan langkah perlindungan. Seperti, pembuatan pedoman perlindungan dan tata laksana virus korona, hingga memperketat pengawasan pintu masuk negara.

"Pemerintah gencarkan (pengawasan) di pintu masuk negara. Kita sudah mengaktifkan 129 pengamanan di pintu masuk, dan kerja bareng dengan dinas kesehatan setempat untuk memantau pelaku perjalanan dari negara terjangkit," paparnya.

Hingga saat ini, terdapat 83.389 pasien positif terinfeksi virus korona yang tersebar di 42 negara. Sebanyak 36.571 orang dinyatakan sembuh, dan 2.858 orang meninggal dunia.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA/Jojon

AAJI Kerja Sama dengan BenihBaik.com Bantu Guru Terdampak Pandemi

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 04:00 WIB
Bantuan disalurkan melalui Benihbaik.com, sebagai platform crowdfunding yang terpercaya, dengan nominal sebesar Rp300...
Dok. Instagram

Livi Zheng Melangkah Maju

👤Zubaedah Hanum 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 02:35 WIB
MUDA dan perempuan. Dalam sekali tepukan, sutradara Livi Zheng, 31, berhasil mematahkan anggapan bahwa orang muda dan perempuan ialah kaum...
Dok. Kevin Aprilio

Kevin Aprilio Berkali-kali Tertunda Akhirnya Menikah Juga

👤MI 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 02:15 WIB
MEMUTUSKAN untuk menikah di masa pandemi covid-19 menjadi sebuah keputusan besar yang diambil musikus Kevin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya