Jumat 28 Februari 2020, 17:55 WIB

6 Bulan Lebih Dihentikan, CFD di Kota Bogor Dibuka Kembali

Dede Susianti | Nusantara
6 Bulan Lebih Dihentikan, CFD di Kota Bogor Dibuka Kembali

MI/Dede Susianti
Ilustrasi CFD di Kota Bogor

 

SETELAH enam bulan lebih dihentikan atau ditiadakan, program hari bebas kendaraan bermotor atau lebih dikenal dengan istilah car free day (CFD) kembali diaktifkan di Kota Bogor. Pemberlakuan CFD di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah akan dimulai pada Minggu (1/3).

Sebelumnya, CFD di Kota Bogor ditiadakan sejak 22 September 2019 karena adanya pembangunan jembatan atau jalan layang Martadinata.

Baca juga: Demi Warga, Agenda 2 Tahun Dibatalkan

“Jadi, berdasarkan hasil rapat pembahasan terakhir, kemarin, di pos pam terpadu yang dihadiri Polresta Bogor Kota, Dishub, Satpol PP, Kodim, Pusdikzi, bagian Prokompim dan Dinas Koperasi dan UMKM, mulai Minggu tanggal 1 Maret 2020, CFD akan kembali dibuka di jalan Jenderal Sudirman,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Dody Wahyudin, Jumat (28/2).

Untuk waktu pelaksanaan CFD, lanjut Dody, sama seperti sebelumnya, yakni mulai dari pukul 06.00-09.00 wib.

Sementara itu, untuk titik parkir kendaraan pihaknya menyiapkan di beberapa titik. Diantaranya ada di samping Bank BTN, halaman Lautan, seberang PLN, halaman BoPer, dan depan martabak Air Mancur.

“Mudah-mudahan minggu ini bisa berjalan lancar dan meriah. Bagi yang akan berolahraga di area CFD, silakan memarkirkan kendaraannya di tempat yang disediakan,” katanya.

Sesuai tujuannya katanya, area CFD digunakan untuk berjalan kaki, bersepeda, jogging dan olahraga lainnya.

Untuk itu, pihaknya meminta pedagang kaki lima tidak memakai trotoar, badan jalan dan taman untuk berjualan.

Sama seperti sebelum-sebelumnya, Dishub dan kepolisian akan menerjunkan personilnya untuk mengatur lalu lintas. Dody menghimbau pengendara yang awalnya akan melewati jalan Jenderal Sudirman untuk mencari jalan alternatif.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Samson Purba, meminta agar PKL tidak berjualan di trotoar, badan jalan dan taman.

Baca juga: Gerak Cepat Emil di Tengah Banjir

Secara khusus, ia meminta agar semua pihak sama-sama menjaga kebersihan serta sarana dan prasarana umum yang ada di sekitar area CFD.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Fajar Hari Kuncoro, menyatakan bahwa jajarannya akan mendukung setiap program Pemerintah Kota Bogor. (OL-6)
 

Baca Juga

Dok Humas Pemprov Jawa Barat

Gaji ASN Pemprov Jabar Dipotong 4 Bulan untuk Tangani Covid-19

👤Antara 🕔Senin 30 Maret 2020, 21:02 WIB
ASN bersedia memotong gaji atau tunjangan untuk membantu penanggulangan wabah COVID-19 dan keputusan tersebut juga berlaku untuk Gubernur...
ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN

Gubernur Banten: Lockdown Tak Semudah Menutup Pintu

👤Wibowo Sangkala 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:17 WIB
Banten sudah terintegrasi dengan Jakarta. Sehari-harinya orang Banten cari pekerjaan, cari upah, cari penghidupan ke Ibu...
AFP/Lionel BONAVENTURE

Bali Membuat Disinfektan Berbahan Dasar Arak

👤Antara 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:07 WIB
3.000 liter arak Bali diteliti dan diekstrak menjadi alkohol murni 96 persen sesuai standar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya