Jumat 28 Februari 2020, 17:14 WIB

Pengusaha Travel Minta Pemerintah Fasilitasi Keberangkatan Umrah

Bagus Suryo | Nusantara
Pengusaha Travel Minta Pemerintah Fasilitasi Keberangkatan Umrah

ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/wsj.
Sejumlah calon jemaah umrah yang batal berangkat ke Jeddah, di Dumai, Riau, Jumat (28/2).

 

PENGELOLA travel umrah di Jawa Timur mengalami kerugian akibat dampak penghentian sementara visa untuk ibadah umrah. Solusi yang diambil para pengusaha adalah menunggu upaya pemerintah sembari berharap jemaah yang sudah terdaftar dan mengantongi visa tetap bisa melaksanakan ibadah umrah.

Harapan itu disampaikan mengingat Indonesia terbebas dari virus korona (COVID-19). Bahkan, setiap jemaah dipastikan kesehatannya.

Baca juga: Pasar Pinjaman Online Butuh Direstrukturisasi

"Harapan kami, pemerintah memfasilitasi," tegas pengelola travel umrah Rayan Group dr Dwidjo Widodo saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (28/2).

Widodo menjelaskan, sejauh ini banyak calon jemaah sudah membatalkan rencana umrah. Mereka menarik diri lantaran pihak otoritas Arab Saudi mengeluarkan kebijakan penghentian sementara visa. Hal itulah yang membuat pengelola travel menelan kerugian dari sisi marketing. Sebab, tidak mudah membangkitkan kembali motivasi jemaah yang telanjur membatalkan meskipun sudah mendaftar. 

Padahal, selama tahun 2019, lanjutnya, animo jemaah umrah dinilai cukup lumayan. Pihaknya sudah memberangkatkan sekitar 200 jemaah. Dengan adanya penghentian sementara visa untuk ibadah umrah tahun ini, ia pesimistis bakal memenuhi target seperti tahun lalu. 

"Yang akan berangkat umrah pada tanggal 2-3 Maret 2020 ada 30 orang. Keberangkatannya ditunda dan akan diberangkatkan sampai dibukakan kembali umrah oleh Arab Saudi," tegasnya.

Widodo berharap upaya negosiasi yang dilakukan pemerintah berhasil sehingga jemaah asal Indonesia ada pengecualian sehingga tetap bisa umrah sebab Indonesia tidak terjangkit virus korona. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Pemkab Tegal

Wakil Bupati Tegal Donasikan Gaji Untuk Bantu Penanganan Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 01 April 2020, 22:43 WIB
Ardie mengatakan, hal itu dilakukannya karena dampak covid-19 bukan hanya pada segi kesehatan saja, tapi juga berdampak pada kondisi sosial...
AFP

Pemkab Batanghari Bantu Keuangan Warga Terdampak Covid-19

👤Solmi 🕔Rabu 01 April 2020, 21:45 WIB
Pemkab Batanghari bantu puluhan ribu warga yang mengalami kepayahan hidup akibat terdampak pandemic korona atau...
MI/Djoko Sarjono

Pemkab Klaten Nyatakan KLB Covid-19 Warga Diminta Tenang

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 01 April 2020, 21:35 WIB
KABUPATEN Klaten (Jateng) menetapkan status KLB (kejadian luar biasa) Covid-19, Rabu (1/4), setelah salah satu PDP positif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya