Jumat 28 Februari 2020, 16:45 WIB

Jambi Siap Hadapi Bencana

SOLMI (63) | Nusantara
Jambi Siap Hadapi Bencana

MI/SOLMI
Gubernur Jambi H Fachrori Umar (baju jingga keempat dari kiri) menyemangati peserta pelatihan penanggulangan bencana BPBD se-Provinsi Jambi.

 

Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyatakan, jajaran pemerintah terkait di Provinsi Jambi siap siaga dan terus meningkatkan kesigapan dalam penanggulangan berbagai potensi bencana di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Jambi.

''Bersama jajaran terkait pemerintah kabupaten dan kota, insya Allah kita siap untuk menanggulangi bencana yang berpotensi terjadi di Jambi. Terutama banjir, tanah longsor maupun kebakaran hutan dan lahan,'' kata Fachrori Umar yang Kamis (27/2) menjadi Inspektur Upacara Pembukaan Latihan Dasar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Provinsi Jambi, selama tiga di kaki Gunung Kerinci.

Fachrori menyambut baik pelaksanaan latihan gabungan penyelamatan, evakuasi, dan penanganan pengungsi yang menjadi fokus selama pelatihan dasar BPBD Jambi yang dipusatkan di Kerinci.

''Ini wujud kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam menghadapi kemungkinan bencana, sekaligus untuk menguji fungsi koordinasi,
komunikasi dan komando antara unit,'' ujar Fachrori.

Fachrori mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selaras dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada acara Rakernas Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Sentul Bogor awal Februari 2020.

"Seluruh instansi pusat dan daerah harus bersama-sama bersinergi untuk mengantisipasi dan pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan. Setiap gubernur, bupati/walikota harus menyusun rencana kontinjensi, termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan. Penanggulangan bencana menjadi urusan bersama. Jadi harus dilaksanakan
dengan pendekatan kolaboratif antara unsur pemerintah, akademisi, peneliti, dunia usaha, masyarakat, serta dukungan media massa,'' tegas Fachrori. (SL/OL-10)

 

Baca Juga

AFP

Kinerja Bongkar Muat Pelabuhan Lhokseumawe Meningkat

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 07 Juli 2020, 23:30 WIB
"Angka ini naik 6,46 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019 sebanyak 264.787 ton," ujarnya dalam keterangan...
MI/Gabriel Langga

Jalani Rapid Test, 30 Dokter di Sikka Nonreaktif

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:35 WIB
Sebanyak 30 dokter yang selama ini menangani pasien positif virus covid-19 di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur telah menjalani rapid...
MI/Bary Fathahilah

Tidak Pakai Masker di Tuban Dihukum Menyapu Jalan

👤Ahmad Yakub 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:25 WIB
Pemkab Tuban, Jawa Timur, memberikan sanksi tegas bagi warga yang tertangkap tangan melanggar protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya