Jumat 28 Februari 2020, 16:43 WIB

Inilah Alasan Istana Sewa Pesawat Kepresidenan Baru

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Inilah Alasan Istana Sewa Pesawat Kepresidenan Baru

Twitter @KRMTRoySuryo2
Foto pesawat baru kepresidenan Republik Indonesia yang diunggah oleh Roya Suryo ke akun twitter @KRMTRoySuryo2

 

SEKRETARIS Kabinet Pramono Anung menepis isu yang menyebut Istana membeli pesawat kepresidenan baru. Pramono menyatakan Istana hanya melakukan penyewaan pesawat untuk kunjungan Presiden Jokowi.

"Jadi itu bukan pesawat kepresidenan (baru) tetapi memang Presiden akan menghadiri ASEAN-US Special Summit di Amerika Serikat sekaligus akan kunjungan kenegaraan ke Amerika," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/2).

Pramono menjelaskan apabila menggunakan pesawat kepresidenan yang saat ini ada, kunjungan Jokowi ke Amerika akan menjalani transit sebanyak tiga kali sehingga lebih boros dari sisi biaya.

"Berdasarkan pengalaman yang dulu, setiap transit harus mengisi bahan bakar dan dihitung biayanya akhirnya menjadi lebih mahal. Dengan menggunakan pesawat yang selama ini digunakan akan lebih mahal, capek, yang diangkut juga terbatas," ucapnya.

Baca juga: Roy Suryo Ungkap Pesawat Baru Kepresidenan, Istana Membantah

Karena itu, imbuh Pramono, diputuskan untuk menyewa pesawat dari Garuda Indonesia untuk keperluan kunjungan ke Amerika yang rencananya dilakukan pada Maret minggu kedua.

Dengan pesawat sewaan Boeing 777-300 ER dari Garuda Indonesia itu, tambahnya, transit bisa dilakukan hanya sekali sehingga menekan biaya. Adapun pesawat kepresidenan Boeing Bussiness Jet (BBJ) saat ini memerlukan lebih banyak transit untuk mengisi bahan bakar.

"Maka diminta oleh Presiden membuat perbandingan, bagaimana kalau untuk jarak yang jauh ke Amerika itu menyewa Garuda dan setelah melakukan perbandingan biayanya menjadi lebih murah sedikit. Sehingga yang beredar itu adalah pesawatnya Garuda yang kemudian dipersiapkan untuk disewa oleh kita," jelasnya.(OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Sidang Vonis Benny Tjokrosaputro Digelar Hari Ini

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Senin 26 Oktober 2020, 08:28 WIB
Benny dinilai terbukti merugikan keuangan negara Rp16,8 triliun terkait pengelolaan investasi saham dan reksa dana PT AJS serta melakukan...
Medcom.id/Fachri Auhdia Hafiez

Rasuah akibat Birokrasi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 26 Oktober 2020, 05:02 WIB
Dari catatan KPK, besaran uang pelicin untuk memperjuangkan dana transfer daerah mencapai 1% dari total...
DOK DTJEN BINA MARGA

Kementerian PUPR Tetap Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol

👤Gan/S1-25 🕔Senin 26 Oktober 2020, 04:56 WIB
Target jangka panjang, pemerintah ingin waktu tempuh jalan tol bisa tereduksi hingga 1,5 jam per 100 km. Rencana itu bisa tercapai jika...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya