Kamis 27 Februari 2020, 23:00 WIB

Pemprov Sulsel Merombak bukan Merampingkan

MI | Nusantara
Pemprov Sulsel Merombak bukan Merampingkan

MI/Lina Herlina
Perampingan 100 pejabat non job

 

PRIA setengah baya itu keheranan karena tanpa hujan tiada angin dia menerima selembar surat keputusan. Isinya melengserkan posisinya dari kursi sekretaris dinas di tubuh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan. "Selanjutnya, saya di-nonjob-kan, tidak ada jabatan," tuturnya.

Pada awal 2020 ini, Pemprov Sulawesi Selatan melakukan perampingan organisasi perangkat daerah, dengan alasan efisiensi dan reformasi birokrasi. Sekitar 100 pejabat eselon III dan IV harus jadi korban dan di-nonjob-kan.

Sang sekretaris dinas yang tidak mau disebutkan namanya hanya salah satu korban kebijakan itu. Dinas tempat dia menjabat tidak terkena perampingan. Sebelumnya, dia tidak pernah kena teguran dan penilaian secara resmi.

Gejolak ini sudah sampai ke telinga Komisi A DPRD Sulawesi Selatan. "Ada sekitar 94 orang yang melapor ke kami. Mereka nonjob, meski organisasi perangkat daerah tempat mereka bekerja tidak terkena perampingan. Ini hanya perombakan karena jabatan mereka diisi pejabat baru," tutur Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Selle KS Dalle.

Dia mengaku tidak akan membiarkan keresahan ini terus terjadi. Komisi A akan segera memanggil Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulawesi Selatan untuk mengklarifikasi yang sebenarnya terjadi.

Terpisah, Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan kebijakan me-nonjob-kan sejumlah pejabat itu merupakan bagian dari perampingan. "Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah mengisyaratkan bahwa hal itu bisa berlaku bagi mereka yang kinerjanya tidak bagus."

Di Sumatra Selatan, pemprov tengah menggodok calon pejabat untuk 13 posisi. "Proses seleksi dilakukan secara terbuka," kata Kepala BKD, Nora Elisya. (LN/DW/YK/N-2)

Baca Juga

Dok Humas Pemprov Jawa Barat

Gaji ASN Pemprov Jabar Dipotong 4 Bulan untuk Tangani Covid-19

👤Antara 🕔Senin 30 Maret 2020, 21:02 WIB
ASN bersedia memotong gaji atau tunjangan untuk membantu penanggulangan wabah COVID-19 dan keputusan tersebut juga berlaku untuk Gubernur...
ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN

Gubernur Banten: Lockdown Tak Semudah Menutup Pintu

👤Wibowo Sangkala 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:17 WIB
Banten sudah terintegrasi dengan Jakarta. Sehari-harinya orang Banten cari pekerjaan, cari upah, cari penghidupan ke Ibu...
AFP/Lionel BONAVENTURE

Bali Membuat Disinfektan Berbahan Dasar Arak

👤Antara 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:07 WIB
3.000 liter arak Bali diteliti dan diekstrak menjadi alkohol murni 96 persen sesuai standar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya