Jumat 28 Februari 2020, 15:38 WIB

Penghentian Umroh, Wapres: Tunggu Konfirmasi Arab Saudi

Indriyani Astuti | Humaniora
Penghentian Umroh, Wapres: Tunggu Konfirmasi Arab Saudi

MI/RAMDANI
Ratusan calon Jamaah Umroh yang melalui bandara Soetta dipastikan gagal berangkat menuju Tanah Suci Mekah, Kamis (27/2).

 

WAKIL Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia masih menunggu konfirmasi dari pihak otoritas Arab Saudi yang mengeluarkan penghentian sementara pemberian visa untuk ibadah umroh dari berbagai negara. 

Menurut Wapres pemerintah Indonesia masih mengupayakan negosiasi dan menunggu konfirmasi dari pemerintah Arab Saudi agar warga negara Indonesia (WNI) tetap dapat melakukan ibadah umroh. Pasalnya Indonesia saat ini masih bebas dari kasus virus Korona (COVID-19).

“Ya tentu keputusan Saudi itu lebih bersifat menyeluruh ya. Apakah nanti apakah ada kebijakan pengecualian kita belum memperoleh konfirmasi dari Arab Saudi,” tutur Wapres kepada wartawan di Kantor Wakil Presiden, Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (28/2).

Disampaikan Wapres, Indonesia menghormati keputusan Arab Saudi mengambil kebijakan penghentian umroh untuk pencegahan penyebaran virus Korona masuk ke negara tersebut. Pemerintah Indonesia, ujar Wapres, memahami kebijakan untuk menutup akses pengunjung dari luar negaranya.

“Kita menghormati lah itu apa namanya kedaulatan daripada Arab Saudi,” ucapnya.

Baca juga: Biro Umroh Terancam Merugi

Selama belum ada keputusan mengenai status Indonesia terkait umroh, menurut Wapres, para WNI yang sudah ada di Arab Saudi dapat melanjutkan ibadah mereka. Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi tengah mengurus hal tersebut. Adapun jemaah yang akan berangkat, pemerintah menghormati keputusan Arab Saudi menghentikan sementara visa bagi pendatang.

“Tentu mereka (KBRI) mengusahakan. Tapi seluruhnya itu pada kedaualatan Arab Suadi dan kita tak akan memgintervensi,” tegas Wapres.

Virus Korona menyebabkan kerugian bagi banyak negara. Wapres menuturkan Indonesia juga merasakan hal itu salah satunya biro perjalanan umroh. (A-2)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Pasien Isolasi Mandiri Wisma Atlet Bertambah 77 Orang

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 16:55 WIB
Hingga hari ini terdapat 1.192 pasien isolasi yang dirawat. Dari sebelumnya 1.115 orang ditambah dengan 77 orang pasien. Dari jumlah...
Instagram LIPI

Peneliti LIPI Temukan 315 Individu Fauna di Relief Candi Borobudur

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 14:50 WIB
Pemahat kala itu seperti taksonom, ekolog, etolog, dan illustrator...
Ist/RTV

Talkshow Segar 'Master Show' Tayang di Rajawali Televisi (RTV)

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 14:07 WIB
'Master Show' adalah program terbaru unggulan di bulan Oktober 2020 yang menyajikan pengalaman serta cerita dari para...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya