Jumat 28 Februari 2020, 15:38 WIB

Penghentian Umroh, Wapres: Tunggu Konfirmasi Arab Saudi

Indriyani Astuti | Humaniora
Penghentian Umroh, Wapres: Tunggu Konfirmasi Arab Saudi

MI/RAMDANI
Ratusan calon Jamaah Umroh yang melalui bandara Soetta dipastikan gagal berangkat menuju Tanah Suci Mekah, Kamis (27/2).

 

WAKIL Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia masih menunggu konfirmasi dari pihak otoritas Arab Saudi yang mengeluarkan penghentian sementara pemberian visa untuk ibadah umroh dari berbagai negara. 

Menurut Wapres pemerintah Indonesia masih mengupayakan negosiasi dan menunggu konfirmasi dari pemerintah Arab Saudi agar warga negara Indonesia (WNI) tetap dapat melakukan ibadah umroh. Pasalnya Indonesia saat ini masih bebas dari kasus virus Korona (COVID-19).

“Ya tentu keputusan Saudi itu lebih bersifat menyeluruh ya. Apakah nanti apakah ada kebijakan pengecualian kita belum memperoleh konfirmasi dari Arab Saudi,” tutur Wapres kepada wartawan di Kantor Wakil Presiden, Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (28/2).

Disampaikan Wapres, Indonesia menghormati keputusan Arab Saudi mengambil kebijakan penghentian umroh untuk pencegahan penyebaran virus Korona masuk ke negara tersebut. Pemerintah Indonesia, ujar Wapres, memahami kebijakan untuk menutup akses pengunjung dari luar negaranya.

“Kita menghormati lah itu apa namanya kedaulatan daripada Arab Saudi,” ucapnya.

Baca juga: Biro Umroh Terancam Merugi

Selama belum ada keputusan mengenai status Indonesia terkait umroh, menurut Wapres, para WNI yang sudah ada di Arab Saudi dapat melanjutkan ibadah mereka. Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi tengah mengurus hal tersebut. Adapun jemaah yang akan berangkat, pemerintah menghormati keputusan Arab Saudi menghentikan sementara visa bagi pendatang.

“Tentu mereka (KBRI) mengusahakan. Tapi seluruhnya itu pada kedaualatan Arab Suadi dan kita tak akan memgintervensi,” tegas Wapres.

Virus Korona menyebabkan kerugian bagi banyak negara. Wapres menuturkan Indonesia juga merasakan hal itu salah satunya biro perjalanan umroh. (A-2)

Baca Juga

MI/Yoseph Pencawan

​​​​​​​Galakkan Satu Juta Kopi Untuk Tenaga Medis

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 April 2020, 09:05 WIB
"Rentang waktu pelaksanaan aksi mulai dari 30 Maret 2020 sampai dengan 31 Mei 2020 dan dapat diperpanjang sesuai dengan banyaknya...
Istimewa

Mumpung Di Rumah Saja, Saatnya Mengasah Kemampuan Berbisnis

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 08:22 WIB
Danar mengajak para pelaku UMKM, terutama kaum milenial yang saat ini sedang terdampak usahanya untuk memanfaatkan platform online...
MI/TRI SUBARKAH

Aduh, Ini mah Malah Tambah Penyakit

👤Tri Subarkah/X-7 🕔Selasa 07 April 2020, 07:20 WIB
Para pasien beserta pendamping mereka antre proses screening saat berobat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya