Jumat 28 Februari 2020, 09:47 WIB

Tugas Perbaikan setelah Hujan Reda

(JI/AT/LD/BB/CS/AS/RF/TB/AD/N-2) | Nusantara
Tugas Perbaikan setelah Hujan Reda

MI/Supardji Rasban
Kerap Diguyur Hujan Jalingkut Tegal Rusak.

 

MUSIM penghujan tidak hanya menimbulkan banjir dan tanah longsor. Di Kota Tegal, Jawa Tengah, pemerintah kabupaten sudah harus menghitung anggaran untuk perbaikan jalan yang aspal dan betonnya terkelupas, retak, dan berlubang.

Kerusakan terparah ada sekitar Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal. "Pesepeda motor sering terperosok," ujar Handoyo, 37, warga.

Pejabat Dinas Pekerjaan Umum Kota Tegal Eva Paulina mengaku kerusakan jalan terjadi dari Jalan Mataram hingga Jalan Lingkar Utara. "Untuk sementara perbaikan baru dilakukan di Jalan Lingkar Utara."

Cuaca ekstrem yang masih akan terjadi dalam sepekan ke depan membuat Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta Singgih Raharjo meminta pengelola objek wisata agar lebih waspada.

Pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada dinas pariwisata di kabupaten/kota, manajemen objek-objek wisata, hingga kampung wisata agar waspada.

"Tak hanya di sekitar sungai, pengelola juga harus memastikan keamanan dan keselamatan wisatawan. Belum ada objek wisata yang ditutup, tapi pengelola dan pemandu harus berperan aktif," tandas Singgih.

Berkaca dari kejadian di Sleman, Polres Kebumen, Jawa Tengah, melarang kegiatan esktrakurikuler sekolah di wilayah rawan bencana seperti aliran sungai serta daerah rawan longsor.

"Pelarangan dilakukan agar tidak terjadi hal-hal buruk terkait bencana, apalagi saat ini terjadi cuaca ekstrem," tutur Kapolres AKB Rudy Cahya Kurniawan. (JI/AT/LD/BB/CS/AS/RF/TB/AD/N-2)

Baca Juga

Dok Humas Pemprov Jawa Barat

Gaji ASN Pemprov Jabar Dipotong 4 Bulan untuk Tangani Covid-19

👤Antara 🕔Senin 30 Maret 2020, 21:02 WIB
ASN bersedia memotong gaji atau tunjangan untuk membantu penanggulangan wabah COVID-19 dan keputusan tersebut juga berlaku untuk Gubernur...
ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN

Gubernur Banten: Lockdown Tak Semudah Menutup Pintu

👤Wibowo Sangkala 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:17 WIB
Banten sudah terintegrasi dengan Jakarta. Sehari-harinya orang Banten cari pekerjaan, cari upah, cari penghidupan ke Ibu...
AFP/Lionel BONAVENTURE

Bali Membuat Disinfektan Berbahan Dasar Arak

👤Antara 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:07 WIB
3.000 liter arak Bali diteliti dan diekstrak menjadi alkohol murni 96 persen sesuai standar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya