Jumat 28 Februari 2020, 09:32 WIB

Pertanian Indonesia sangat Menjanjikan

(DD/N-2) | Nusantara
Pertanian Indonesia sangat Menjanjikan

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.
Petani memetik daun murbei di Ladangnya, Kampung Karang Anyar, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa barat, Selasa (25/2/2020).

 

POTENSI produk pertanian di Indonesia masih sangat besar. Karena itu, Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Sahara, menyatakan produk pertanian bisa menjadi solusi alternatif dalam mengatasi defisit neraca perdagangan Indonesia.

Sektor pertanian, kata Sahara, merupakan aset negara yang harus dijaga bersama. Terlebih Indonesia merupakan negara besar dengan karakteristik agraris yang kaya akan sumber daya alam dan rempah-rempah.

"Dari hasil analisis kami, sektor pertanian memiliki potensi yang sangat besar untuk mengatasi defisit. Bahkan saya optimistis sektor ini memberikan kontribusi lebih kepada negara," ujarnya, kemarin.

Menurut dia, perkebunan dan perikanan ialah dua subsektor yang paling berpotensi dalam meningkatkan kinerja ekspor nonmigas ke depan. Keduanya merupakan produk pertanian yang kini menjadi kebutuhan utama masyarakat dunia.

Suhara mengatakan ada tiga faktor penting yang memengaruhi naiknya kinerja ekspor pertanian. Ketiganya ialah faktor kualitas logistik, faktor hambatan perdagangan tarif, dan faktor hambatan perdagangan nontarif.

"Namun, kita berharap peningkatan eskpor bisa terus meningkat dengan memperhatikan kualitas produksi pertanian. Saya optimistis karena pemerintah memiliki program jangka panjang Gerakan Tiga Kali Ekspor," tukasnya. (DD/N-2)

Baca Juga

MI/Hijrah Ibrahim

Tangkal Covid-19 Pintu Masuk dan Keluar Ternate Dijaga Ketat

👤Hijrah Ibrahim 🕔Senin 06 April 2020, 19:00 WIB
UNTUK memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, memperketat pintu masuk dan keluar Kota...
dok polres tulungagung

Pospol Digital dari Polres Tulungagung

👤Aries Wijaksena 🕔Senin 06 April 2020, 18:02 WIB
Layanan ini sejalan dengan program physical distancing, karena tanpa harus ke kantor polisi, masyarakat bisa berkonsultasi dengan petugas...
Antara

Pemkot Jambi Gratiskan Tagihan PDAM April-Mei

👤Solmi 🕔Senin 06 April 2020, 17:45 WIB
UNTUK mengurangi beban ekonomi warga tardampak pandemi virus korona (Covid-19), Pemerintah Kota Jambi menggratiskan tagihan pemakaian air...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya