Kamis 27 Februari 2020, 22:43 WIB

Masalah Tensioner Mesin, Mitsubishi Tarik 1.220 Unit Kendaraan

Nurtjahyadi | Otomotif
Masalah Tensioner Mesin, Mitsubishi Tarik 1.220 Unit Kendaraan

dok. Mitsubishi
Rancangan Engine Auto Tensioner di mesin Mitsubishi

 

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan program Field Fix Campaign atau penarikan kendaraan untuk dilakukan perbaikan untuk model-model Mitsubishi Lancer EX, Outlander Sport dan Delica.

Program ini juga sejalan dengan ketentuan yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor dan Nomor PM 53 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor.

Program ini melibatkan 1.220 unit kendaraan yang terdiri dari 1.217 unit Lancer EX keluaran 2008-2010, dua unit Outlander Sport keluaran 2010-2011, dan satu unit Delic keluaran 2010, akibat masalah yang terjadi pada komponen Emgine Auto Tensioner.

Rancangan Engine Auto Tensioner yang kurang sempurna mengakibatkan tekanan/gaya tahanan geser (sliding resistance force) menjadi tinggi.

Seiring waktu hal ini dapat mempengaruhi durabilitas komponen tersebut sehingga berpotensi menyebabkan dudukan Engine Auto Tensioner yang dibautkan pada blok mesin retak saat mesin sedang digunakan dalam kondisi beban/putaran tinggi secara berulang (overload driving).

Baca juga : Xpander 2020 Tampilkan Wajah dan Fitur Baru

Dalam kondisi terburuk, Engine Auto Tensioner akan patah/pecah dan drive belt yang meneruskan putaran dari mesin ke pompa oli power steering, alternator serta pompa air radiator dapat terlepas. Akibatnya semua komponen tersebut tidak berfungsi semestinya.

Sebagai dampak lanjutannya maka lampu engine check menyala, kemudi menjadi berat akibat power steering kehilangan tekanan oli, daya aki tidak terisi dan mesin menjadi overheat akibat sirkulasi air pendingin yang terganggu.

Meskipun hingga saat ini belum ada laporan kejadian dari adanya masalah pada Engine Auto Tensioner tersebut di Indonesia, MMKSI tetap akan menarik kembali kendaraan yang berpotensi mengalami masalah tersebut untuk memberikan rasa aman kepada konsumennya.

Director of Aftersales Division MMKSI Eiichiro Hamazaki menyatakan bahwa program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab perusahaan dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

"Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi kami dengan prosedur yang mudah serta kompensasi penggantian part yang terkait tanpa biaya," papar Hamazaki.

Baca juga : Giicomvec akan Hadirkan Mobil Niaga Baru

Melalui diler resminya di seluruh Indonesia, MMKSI akan mengirimkan undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini. Konsumen tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Kendaraan konsumen yang terdampak akan diperiksa dan diperbaiki dengan penggantian komponen baru yang dikembangkan lebih baik dengan estimasi waktu perbaikan sekitar 1,5 jam untuk penggantian Engine Auto Tensioner Lancer EX, Outlander Sport & Delica.

Kampanye ini akan dimulai pada 28 Februari 2020 di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia. Konsumen dapat menghubungi diler kendaraan penumpang Mitsubishi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan ini, sekaligus melakukan Service Booking untuk kemudahan dalam pengaturan waktu perbaikan. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/HImanda Amrullah

Kebutuhan Ekspor, Pabrik Suzuki Indonesia Kembali Buka

👤Nurtjahyadi 🕔Jumat 29 Mei 2020, 21:42 WIB
Untuk memenuhi kebutuhan ekspor karena pasar internasional yang mulai pulih dari dampak pandemi covid-19. Suzuki Indonesia secara bertahap...
Antara/Yonhap

Korsel Jadi Tujuan Peluncuran BMW Seri 5 dan 6

👤Antara 🕔Kamis 28 Mei 2020, 19:57 WIB
Pasar Korea sangat penting bagi BMW karena negara itu menduduki puncak dari semua negara lain dalam hal penjualan model BMW Seri 5 di Korea...
 DOK: Mitsubishi Motors Corporation

Mitsubishi Model A, Awal Sejarah Mitsubishi

👤RO 🕔Kamis 28 Mei 2020, 19:00 WIB
Menjadi cikal bakal mobil penumpang modern Mitsubishi Motors, dengan prototipe yang dimulai pada musim panas 1917 dan selesai diproduksi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya