Kamis 27 Februari 2020, 20:20 WIB

Minta Solusi Atasi Kerugian, Penyelenggara Umrah Surati Presiden

Antara | Humaniora
Minta Solusi Atasi Kerugian, Penyelenggara Umrah Surati Presiden

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Calon jamaah umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

 

SERIKAT Penyelenggara Haji dan Umrah Indonesia (Sapuhi) menyurati Presiden Joko Widodo terkait penangguhan sementara jamaah umrah dan visa lainnya ke Arab Saudi akibat Covid-19.

“Kita biro perjalanan atau penyelenggara ibadah haji dan umroh yang tergabung dalam Sapuhi telah berkirim surat ke Presiden terkait penangguhan sementara ke Arab Saudi tersebut,” kata General Meneger (GM) Biro Perjalanan haji dan umroh PT Al Mabrur Nadia Insani Masudi di Jambi, hari ini.

Dijelaskan Masudi, isi surat dengan nomor 202.ADM/DPP.SAPUHI/II/2020 tersebut meminta bantuan Presiden untuk bisa mencarikan solusi terhadap dampak yang dialami travel haji dan umrah, baik kerugian secara materiil dan immateriil jamaah Indonesia dan vendor-vendor yang bekerjasama dengantravel karena gagalberangkat yang disebabkan penangguhan tersebut.

Kerugian yang dimaksudkan yakni, uang jamaah yang sudah dibayarkan ke maskapai untuk pembelian tiket,hotel dan pemesanan kamar dan visa umrah tidak hangus agar penggiat biro haji dan umrah tidak mengalami kerugian.

Selanjutnya, Masudimasih terus melakukan koordinasi ke berbagai pihak terkait penangguhan tersebut.

“Yang kita lakukan saat ini terus berkoordinasi, dan menunggu karena keputusan tersebut merupakan keputusan mutlak dari kerajaan Arab Saudi, kita belum mengetahui sampai kapan batas waktu penangguhan tersebut, kepada jamaah kami himbau untuk bersabar dan kita sama-sama menunggu,” kata Masudi.

Masudi mengakui ia mendapatkan informasi penangguhan tersebut pada hari ini, Kamis (27/02) sekira pukul 05.00 WIB. Mendapatkan informasi tersebut pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan biro perjalanan haji dan umroh yang tergabung dalam Sapuhi.

Sementara itu, jamaah umrah travel Al Mabrur dalam waktu dekat ada yang dijadwalkan menjalankan ibadah umrah ke tanah Suci Makkah. Namun kepada jamaah di himbau untuk bersabar dan menunggu informasi selanjutnya, karena hal tersebut berlaku untuk seluruh Indonesia.(OL-4)

Baca Juga

MI/PANCA SYURKANI

Garin Nugroho: Doa dan Harapan untuk Film Nasional

👤Ant/H-3 🕔Selasa 31 Maret 2020, 03:30 WIB
Sutradara Garin Nugroho, 58, melalui Instagram-nya, kemarin, mengungkapkan keberadaan film ialah sebagai media yang memberi inspirasi bagi...
MI/RAMDANI

Berkembang, Film Indonesia Usai Covid-19

👤Syarief Oebaidilah 🕔Selasa 31 Maret 2020, 00:20 WIB
Sebagai salah satu industri kreatif, perfilman  nasional sudah saatnya mendapat perhatian serius dari pemerintah dan insan...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Jangan Sembarang Gunakan Disinfektan

👤Ata/Aiw/Fer/H-2 🕔Selasa 31 Maret 2020, 00:00 WIB
Untuk itu, penggunaan yang salah atau berlebihan dalam mencegah penularan virus korona baru (covid-19) bisa membahayakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya