Kamis 27 Februari 2020, 19:52 WIB

Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Masih Landa Beberapa Daerah

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Masih Landa Beberapa Daerah

NTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah warga melintasi genangan banjir di Perumahan Jatibening Permai, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2).

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam tiga hari ke depan mulai hari ini atau 27-29 Februari 2020 di beberapa wilayah Indonesia terjadi potensi hujan lebat disertai angin kencang.

Kasubag Hubungan Pers dan Media BMKG, Dwi Rini Endra Sari, mengatakan terdapat Siklon Tropis Ferdinand (972 hPa) dengan kecepatan angin maksimum 70 kt di Samudera Hindia sebelah Selatan Bali yang diprediksi melemah dan bergerak ke arah Barat-Barat Daya.

"Terdapat daerah tekanan rendah di Australia bagian Utara serta sirkulasi siklonik di SamuderaPasifik utara Papua. Konvergensi memanjang dari Perairan selatan Jawa Tengah hingga Perairan selatan NTB," kata Ririn dalam keterangannya, Kamis (27/2)

Daerah belokan angin terdapat di Sumatra bagian Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi bag Tengah dan Maluku Utara. Dimana Low Level Jet dengan kecepatan angin terpantau lebih 25 knot di Samudera Hindia Selatan NTT dan di Australia bag Utara.

Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat hari ini atau 27 Februari 2020, menurut Ririn, wilayah Lampung Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat.

Kondisi ini masih berlangsung untuk wilayah Sumatera Barat, Lampung, Banten, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara pada 28 Februari 2020

"Kemudian pada 29 Februari 2020 wilayah Sumatra Barat Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Sulawesi Tenggara, Maluku masih berpotensi dilanda hujan Lebat," sebutnya.

Sementara itu, hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada hari ini 27 Februari 2020, di wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, NTB, NTT, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua.

Kondisi tersebut masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Tengah, NTB, NTT, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat, Papua hingga esok harinya, 28 Februari 2020.

Untuk wilayah Bengkulu, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, NTB, Jawa Timur, Bali, Kaimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada 29 Februari 2020.

Dia menambahkan, BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir atau kilat tersebut.

"Untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," pungkasnya. (Fer/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Gugus Tugas Covid-19 Berpedoman pada Data Kemenkes

👤Usman Kansong 🕔Senin 06 April 2020, 09:45 WIB
Agus mengakui ada perbedaan data di pusat dengan data...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Kepala Daerah Diingatkan Harus Cermat Sebelum Ajukan PSBB

👤Supardji Rasban 🕔Senin 06 April 2020, 08:24 WIB
"Jangan sampai ketika Menkes menetapan PSBB di suatu wilayah, daerah belum siap mengenai anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman...
ANTARA/Prasetia Fauzani

Kolaborasi Ciptakan Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 08:00 WIB
Supriano berharap, ke depannya akan semakin banyak model pembelajaran berbasis teknologi yang dibagikan di halaman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya