Kamis 27 Februari 2020, 19:24 WIB

Dunia Diserang Korona, Jadwal Paus ke Indonesia belum Berubah

Thomas Harming Suwarta | Internasional
Dunia Diserang Korona, Jadwal Paus ke Indonesia belum Berubah

AFP
Tentara dan warga Italia mengenakan masker menyusul kian merebaknya virus korona (COVID-19) di negara tersebut.

 

PEMIMPIN tertinggi Gereja Katolik dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus dijadwalkan mengunjungi Indonesia awal September 2020. Jika tidak ada halangan berarti, Paus Fransiskus akan mendarat di Jakarta pada 1 September 2020.

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Ignatius Kardinal Suharyo menjelaskan dalam rencananya Paus akan tiba pada tanggal 1 September 2020 di Jakarta.

"Acara akan dimulai esok harinya dengan pertemuan bersama Bapak Presiden lalu dilanjutkan dengan mengunjungi Gereja Katedral. Setelah dari Katedral lalu lanjut pertemuan dengan para tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal Jakarta," kata Suharyo di Jakarta, Kamis (27/2).

Baca juga:Kasus Virus Korona di Italia Melonjak Jadi 400

Setelah agenda tatap muka dan dialog dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, Paus akan menyapa umat Katolik dalam perayaan ekaristi yang direncanakan akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Jadwal satu hari itu memang sangat padat. Setelah misa selesai sekitar 2 jam, Beliau istirahat karena esoknya melanjutkan perjalanan ke Timor Leste," papar Suharyo.

Dari Timor Leste, kata Suharyo, Paus Fransiskus akan balik ke Jakarta untuk transit dan melanjutkan perjalanan ke Papua New Guinea. "Memang ada permintaan agar Paus mampir di Ambon dalam penerbangan ke Port Moresby sedang dibicarakan," kata Suharyo.

Baca juga:Paus Minta Umat Katolik Pantang Mencerca di Media Sosial

Sampai saat ini memang belum ada jawaban secara formal terkait kunjungan ini tetapi pembicaraan secara informal sudah mulai dijajaki. "Akhir Maret ini kita sudah dapat kepastian dan semoga saja tidak berubah karena Italia sekarang sedang berhadapan dengan Korona juga. Tapi kita berharap agar semuanya bisa berjalan lancar," pungkas Suharyo.

Baca Juga

AFP/Martin BUREAU

Tunawisma yang Meninggal di Prancis Tetap Dikubur Secara Layak

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 31 Maret 2020, 21:25 WIB
Badan persaudaraan amal dari Saint Eloi di Bethune tetap melakukan pemakaman secara layak pada tunawisma di tengah wabah covid-19 yang...
Antaranews

149 WNI di Fiji Bebas Covid-19

👤Antara 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:26 WIB
Di Fiji terdapat lima warganya terkena...
AFP/NARINDER NANU

Rawat Pasien Covid-19, Dokter di India Pakai Jas Hujan dan Helm

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 31 Maret 2020, 19:02 WIB
Kurangnya alat pelindung diri (APD) di India memaksa beberapa dokter di sana untuk menggunakan jas hujan dan helm sepeda motor saat merawat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya