Kamis 27 Februari 2020, 18:44 WIB

Selain Cesium 137, SM Menyimpan Zat Radioaktif Lainnya

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Megapolitan
Selain Cesium 137, SM Menyimpan Zat Radioaktif Lainnya

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Petugas gabungan mengamankan barang bukti limbah radiaktif dari rumah warga di komplek Batan Indah blok A

 

PIHAK kepolisian dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) terus melakukan pemeriksaan terhadap rumah milik SM, pegawai Batan yang menyimpan zat radioaktif cesium 137 (Cs-137).

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Asep Adi Saputra, dikediaman SM yang berada di area Komplek Perumahan Batan Indah, Serpong ini ada beberapa jenis zat radioaktif lainnya selain Cs-137.

"Sebagai pegawai Batan yang masih aktif, ia memiliki banyak jenis zat radioaktif, selain Cs-137. Kami terus dalami," kata Asep yang ditemui Kamis (27/2) di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Ia mengatakan akan terus menyelidiki kepemilikan zat radioaktif ini, termasuk apakah SM juga yang membuang bahan kimia Cs- 137 yang ditemukan di sebuah lahan kosong komplek tersebut.

"Nanti saya akan cek kembali, sampai sejauh ini memang ditemukan ada beberapa zat selain Cs-137 itu di kediamannya SM. Ini masih didalami, zat radioaktifnya itu berasal dari mana," kata Asep.

SM yang saat ini masih dalam status saksi ini pun terus diperiksa. Namun Asep menegaskan beberapa jenis bahan kimia yang ditemukan juga saat penggeledahan Selasa (25/2) dikediaman SM ini benar merupakan zat radioaktif. "Secara spesifik belum disebutkan (jenis zat radioaktif), tapi itu termasuk golongan radioaktif," lanjut Asep.

Yang jelas katanya, menyimpan zat radioaktif yang tidak bisa sembarangan dimiliki ini termasuk pelanggaran karena menyimpan secara ilegal. (OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Anies Didesak Segera Terbitkan Landasan Hukum Kuat Soal PSBB

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 April 2020, 15:25 WIB
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Teguh P. Nugroho mendesak Gubernur Anies Baswedan untuk menerbitkan landasan hukum pelaksanaan...
MI/BARRY FATHAHILLAH

​​​​​​​50 DPRD Depok Dinilai Tumpul Kemanusiaan saat Covid-19

👤Kisar Rajaguguk 🕔Selasa 07 April 2020, 14:55 WIB
Sebanyak 50 DPRD dinilainya lupa diri, padahal mereka bisa menjadi DPRD karena pilihan...
Antara

Asosiasi Ojek Online Minta BLT Rp100 Ribu per Hari

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 April 2020, 14:52 WIB
"Nilai besaran BLT yang kami harapkan yaitu Rp100 ribu per hari dikarenakan setiap pengemudi akan kehilangan pendapatan," kata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya