Kamis 27 Februari 2020, 18:32 WIB

Wah, Ada Stasiun Transit Bawah Tanah di MRT Fase 2A

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Wah, Ada Stasiun Transit Bawah Tanah di MRT Fase 2A

Antara/Muhammad Adimaja
Suasana di dalam kokpit MRT Jakarta saat melintas di lintasan bawah tanah

 

PT MRT Jakarta akan segera memulai konstruksi pembangunan MRT koridor selatan-utara fase 2A Bundaran HI-Kota.

Pada tahap ini akan dibangun enam stasiun yang keseluruhannya berada di bawah tanah. Salah satu stasiun yakni Stasiun Thamrin akan menjadi stasiun pertemuan atau intersection antara MRT koridor selatan-utara dengan MRT koridor timur-barat.

Untuk mempersiapkan hal itu, desain stasiun telah dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi stasiun yang paing panjang di antara stasiun lainnya dengan panjang 400 meter.

"Kita akan membangun Stasiun Thamrin menjadi stasiun untuk intersection antara selatan-utara dengan timur-barat. Ini sudah kita desain dengan detail di mana nanti pertemuan dan area transit untuk kereta dari dua koridor tersebut," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar dalam Forum Jurnalis di Jakarta, Kamis (27/2).

Stasiun Thamrin nantinya direncanakan memiliki lebih banyak pintu masuk. Pintu masuk di antaranya akan berada di depan gedung Bank Indonesia, di depan Plaza Sarinah, Patung Kuda, hingga di depan area pusat kuliner Thamrin 10.

Baca juga : MRT Jakarta Klaim Kepuasan Pelanggan Capai 82,9%

Banyaknya pintu masuk disebabkan untuk menangkap potensi penumpang. Karena daerah tersebut berpotensi banyak penumpang.

Di sisi lain, pembangunan Stasiun Thamrin juga akan lebih dalam dibanding stasiun lainnya.

"Karena untuk intersection dengan koridor timur-barat itu keretanya akan lebih dalam lagi dibandingkan koridor selatan-utara. Kira-kira akan lebih dalam 3 lantai dari yang ada saat ini," tegasnya.

Untuk mempersiapkan operasional Fase 2A, MRT Jakarta akan turut melakukan pengadaan 12 rangkaian kereta. Sehingga nantinya jumlah rangkaian kereta MRT Jakarta menjadi 28 rangkaian.

"Penambahan ini supaya tetap menjaga headway MRT tetap 5 menit pada jam sibuk. Tidak menutup kemungkinan jika penumpang cukup banyak headway bisa dimaksimalkan hingga 3 menit," tegas William.

MRT fase 2A tahap pertama ini akan dibangun hingga Harmoni sepanjang 2,8km. Sementara itu ditargetkan keseluruhan pembangunan fase 2A hingga Kota sepanjang 5,8km selesai pada Desember 2024 mendatang.(OL-7)

Baca Juga

Dok MI

Ombudsman Minta DPRD Tunda Pemilihan DKI-2

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 05 April 2020, 21:06 WIB
Rekomendasi untuk mengaji ulang pemilihan wagub juga berkaitan dengan dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...
Dok Setpres

Ini Titik Pembagian Nasi Boks dari Istana Bagi Korban Pandemi

👤Andhika Presetyo 🕔Minggu 05 April 2020, 20:45 WIB
Melihat animo yang cukup tinggi, Setpres berencana untuk terus membagikan paket nasi boks hingga 20 April 2020 dengan total sebanyak 1.000...
Antara

Mulai 12 April, Penumpang KRL Wajib Bermasker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 05 April 2020, 20:35 WIB
Menjelang tanggal tersebut, para petugas di stasiun dan KRL akan senantiasa mengingatkan penumpang mengenai pentingnya menggunakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya