Kamis 27 Februari 2020, 17:43 WIB

Wisatawan Menyusut, Garuda Indonesia Buka Rute Internasional Baru

Hilda Julaika | Ekonomi
Wisatawan Menyusut, Garuda Indonesia Buka Rute Internasional Baru

Antara/Muhammad Iqbal
Pesawat Garuda Indonesia

 

KUNJUNGAN wisatawan mancanegara Indonesia menyusut diakibatkan penyebaran virus korona COVID-19 yang mengancam global. Merespons situasi ini maskapai penerbangan Garuda Indonesia membuka rute baru internasional untuk mendongkrak pariwisata dalam negeri.

Adapun rute-rute tersebut terdiri dari, rute Denpasar-Mumbai, Denpasar-Delhi, Denpasar-Brisbane, Denpasar-Kuala Lumpur, Denpasar-Bangkok, dan Denpasar-Dili.

Menurut Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra rute-rute baru ini dibuka sebagai substitusi atas penutupan rute internasional lainnya. Terutama ke wilayah Tiongkok dan sekitarnya.

“Untuk menanggapi hal itu, kita memperkenalkan beberapa rute baru sebagai pengganti penutupan rute akibat korona. Dengan harapan rute-rute tersebut bisa kita pertahankan dan tidak terimplikasi juga terhadap korona, khususnya rute-rute dari dan ke Denpasar. Jadi kita sedang mendiskusikan dan memfinalisasikan rute-rute baru,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (27/2).

Baca juga : Tunggu Perpres, Erick Thohir Siap Bubarkan 5 Anak Usaha Garuda

Di kesempatan yang sama, Komisaris Utama (Komut) Garuda Indonesia Triawan Munaf mengatakan rute-rute baru ini sudah dilaporkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Saat ini Kemenhub diketahui tengah mengkaji slot penerbangan yang ada. Setelah ini, Garuda pun bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk melakukan promosi pariwisata.

“Rute baru sedang dikoordinasikan slot oleh Kemenhub, kita enggak mau kerja sendiri, Kita mau kolaborasi dengan berbagai pihak, tidak hanya sekadar membuka tapi ada promosinya,”imbuhnya.

Pihaknya pun memastikan rute-rute baru ini akan mulai efektif pada maret 2020. Rencananya, rute prioritas ini tidak hanya diterapkan selama 3 bulan ke depan namun akan diteruskan secara berkelanjutan. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Pribadi

FIKSI 2020 Lahirkan Calon Wirausahawan Muda Indonesia

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 00:25 WIB
Meski di tengah situasi pandemi Covid-19, para peserta FIKSI 2020 telah menghasilkan rencana bisnis dan rintisan usaha-usaha...
Antara

Presiden Optimistis Perekonomian Lekas Membaik, Ini Indikatornya

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 21:35 WIB
"Tetapi dibandingkan dengan negara-negara lain, kontraksi ekonomi Indonesia relatif lebih landai dan saya meyakini Insyaallah mampu...
ANTARA/Abriawan Abhe

Tiga Bulan, Tripartit Nasional Bahas RPP Turunan UU Ciptaker

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 20:30 WIB
Saat ini pemerintah bersama Tripartit Nasional (perwakilan pemerintah, pengusaha, dan SP/SB) dan akademisi telah mulai membahas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya