Rabu 26 Februari 2020, 21:53 WIB

Pelindo II Kolaborasi dengan Pelabuhan ASEAN

Hilda Julaika | Ekonomi
Pelindo II Kolaborasi dengan Pelabuhan ASEAN

ANTARA
Aktivitas bongkar muat peti kemas di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (24/11/2019).

 

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC Elvyn G Masassya mengatakan pihaknya tengah berupaya untuk melakukan kolaborasi dengan pelabuhan-pelabuhan yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan perdagangan di negara-negara yang tergabung di Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Salah satu upaya tersebut diwujudkan dengan menggelar Konferensi ASEAN Ports & Shipping 2020 di Jakarta.

"Ini satu forum antara pelabuhan pelabuhan di ASEAN untuk berbagi pengalaman dan membuka kerja sama yang lebih luas. Dalam rangka meningkatkan perdagangan intra ASEAN. Kemudian pelabuhan-pelabuhan ini bisa bekerja sama dengan pihak-pihak lain seperti liner, kemudian pengelola industri dan lainnya," ujar Elvyn di Jakarta, Rabu, 26/2).

Dia optimistis melalui kolaborasi ini nantinya mampu untuk meningkatkan perdagangan (trading) di kawasan ASEAN. Terutama lewat kerja sama dengan pelabuhan-pelabuhan di Malaysia, Sabah, Serawa, serta negara-negara di ASEAN lainnya.

Kerja sama ini akan menciptakan pertukaran informasi terkait pelabuhan yang bersangkutan sehingga berdampak pada potensi peningkatan perdagangan negara.

Menurutnya spirit yang dimiliki oleh Pelindo II saat ini adalah spirit kolaborator, bukan hanya berbicara persaingan.

Dengan spirit kolaborasi ini akan berdampak positif pada standarisasi dari sisi infrastruktur, pembagian (sharing) informasi tentang arus barang, dan kerja sama linier. Implikasinya akhirnya adalah adanya peningkatan perdagangan.

"Dari yang kompetitor menjadi yang kolaborator sehingga antar pelabuhan di ASEAN ini. Sehingga bisa bekerja sama spiritnya adalah membesarkan kue bukan rebutan kue karena kan distribusinya tiap negara beda-beda kita harapkan melalui koraborasi ini perdagangannya akan meningkat," harapnya.

Sementara itu, di Konferensi ASEAN Ports & Shipping 2020 terdapat 35 pembicara dari kalangan pelaku bisnis transportasi dan logistik dunia yang akan mendiskusikan isu-isu perdagangan dan investasi.

Selama tiga hari penyelenggaraan konferensi ini, sekitar 400 perwakilan pemerintah dari berbagai negara, para pengambil keputusan, pelaku bisnis transportasi dan logistik, serta tenaga profesional kepelabuhanan dan pelayaran berkumpul dan membahas penguatan konektivitas global. (E-3)

Baca Juga

Ilustrasi

Nilai Tukar Rupiah terus Menguat, BI Optimistis target tercapai

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 07 April 2020, 17:34 WIB
Ia pun optimistis, target Rp15 ribu pee dolar AS pada akhir tahun ini bisa tercapai....
Ilustasi

Korpri Harapkan Pensiunan ASN Tetap Peroleh THR

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 07 April 2020, 17:22 WIB
Zudan menyebutkan, walaupun pihaknya sepakat dengan wacana yang digulirkan pemerintah, ada beberapa elemen ASN dan mantan ASN yang...
MI/Anggoro

SKK Migas Salurkan Bantuan Rp5 M Untuk Daerah Terdampak Covid-19

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 07 April 2020, 16:54 WIB
SKK Migas memberikan bantuan senilai Rp5 miliar yang telah disalurkan dan dialokasikan kepada 11 provinsi yang terdampak virus korona atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya