Rabu 26 Februari 2020, 20:16 WIB

Mahfud: Organisasi Pengacara akan Bersatu Kembali

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Mahfud: Organisasi Pengacara akan Bersatu Kembali

MI/Pius Erlangga
Mahfud MD

 

ORGANISASI Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang sempat terpecah menjadi tiga kubu dalam empat tahun terakhir akan kembali bersatu berada dalam satu wadah. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD di Kantor Kementerian Koordinator Polhukam, Jakarta, hari ini.

Pada Selasa (25/2), Mahfud bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly melakukan pertemuan dengan tiga pengurus Peradi yang diketuai masing-masing oleh Fauzie Yusuf Hasibuan, Junifer Girsang, dan Luhut Pangaribuan. Ketiganya, imbuh Mahfud, sepakat untuk bersatu kembali dan mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) bersama menuju satu kepengurusan.

 

Baca juga: Tiga Kubu Pehimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Sepakat Islah

 

Menurut Mahfud, inisiatif tersebut ia ambil sebab sebagai satu-satunya organisasi advokat di Indonesia, Peradi absen dalam memberikan masukan terhadap pemerintah. Hal itu menurutnya sangat merugikan negara. Ia mencontohkan soal rancangan undang-undang Omnibus Law, advokat tidak berbicara ataupun memberikan pandangan. Mereka absen dalam wacana pembangunan hukum. Berbeda ketika Peradi saat masih dalam satu kepengurusan.

"Padahal dulu zaman Adnan Buyung Nasution, kalau ada masalah semua advokat bicara ikut dalam mengarahkan dan memperbaiki hukum," ucap Mahfud.

Ketiga pengurus Peradi tersebut, kata Mahfud, telah menandatangi kesepakatan bersama untuk menggelar Munas. Menkumham Yasonna Laoly mengatakan Peradi akhirnya bisa merajut perdamaian setelah bertahun-tahun terpecah. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Aktivis: Pemerintah Tak Perlu Bahas Agenda Legislasi dengan DPR

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 05 April 2020, 23:55 WIB
Charles menilai DPR tidak memiliki sensitivitas dengan tetap berusaha membahas Revisi KUHP dan Omnibus Law RUU Cipta...
Micom

Istana Berbagi, Tebar Paket Nasi Boks

👤Andhika prasetyo 🕔Minggu 05 April 2020, 22:35 WIB
Sekretariat Presiden (Setpres) turut berupaya meringankan beban para pekerja informal seperti tukang ojek, sopir taksi dan tenaga kerja...
Antara

Polri Terbitkan Aturan Khusus Soal Hoaks dan Penghinaan Presiden

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 05 April 2020, 20:24 WIB
Ia menyebut pihak kepolisian akan menindak tegas setiap orang yang memanfaatkan pandemi covid-19 untuk menyebarkan berita bohong dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya