Rabu 26 Februari 2020, 18:13 WIB

Bus Sekolah Gratis Layani Siswa Pelosok Pedesaan

Lilik Darmawan | Nusantara
Bus Sekolah Gratis Layani Siswa Pelosok Pedesaan

MI/Lilik Darmawan
Penduduk Desa Klinting, Kecamatan Somagede, Banyumas, Jawa Tengah.

 

BUS sekolah yang melayani anak-anak sekolah di pelosok pedesaan di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mulai dioperasikan pada Rabu (26/2). Bupati Banyumas Achmad Husein ikut mengantarkan anak-anak yang umumnya bersekolah di Kecamatan Banyumas dari sejumlah desa di Kecamatan Somagede.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bus sekolah tersebut merupakan bantuan dari Ditjen Perhubungan Darat (Hubdar) Kemenhub telah dimanfaatkan secara maksimal. Bupati meminta kepada para sopir untuk berhati-hati saat mengantarkan anak sekolah. "Kami berharap bus ini akan bermanfaat bagi anak-anak sekolah," kata Bupati. Bupati ikut bus tersebut sejak dari Desa Tanggeran, Kecamatan Somagede menuju ke Kecamatan Banyumas.

Salah seorang siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Banyumas, asal Desa Kemawi, Saiful Mardiansyah, mengaku senang adanya bus sekolah yang telah beroperasi. "Sebelum ada bus sekolah, saya diantar oleh orang tua. Sekarang lebih nyaman, karena sudah ada bus sekolah. Karena gratis, maka akan lebih hemat," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan angkutan gratis tersebut untuk mempermudah pelajar yang berada di desa-desa pelosok di wilayah Kecamatan Somagede bagian selatan, karena jalur tersebut belum ada angkutan umum. Bus bantuan berjumlah dua unit tersebut setiap harinya melayanani rata-rata 110 hingga 120 anak. "Kami  telah menyosialisasikan lokasi-lokasi yang menjadi jalur bus," katanya. (OL-12)

Baca Juga

MI/John Lewar

235 Pemudik Tiba di Labuan Bajo

👤John Lewar 🕔Sabtu 04 April 2020, 20:15 WIB
Setiba di pelabuhan, mereka berbaris untuk diperiksa menggunakan rapid test dan alat pengukur suhu tubuh. Tidak ada penumpang yang...
MI/Alexander P Taum

Suasana Haru di Pelepasan Napi di Lembata

👤Alexander P Taum 🕔Sabtu 04 April 2020, 20:13 WIB
Dalam kesepatan itu, Andrea mengingatkan para narapidana tentang status...
MI/Januari Hutabarat

Rapat belum Video Call, Bupati Taput: Belum Semua Kades Bisa

👤Januari Hutabarat 🕔Sabtu 04 April 2020, 20:07 WIB
Selain itu, imbuhnya, membubarkan kerumunan massa termasuk upacara adat selama pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya