Rabu 26 Februari 2020, 18:05 WIB

Mentan SYL Ajak Penyuluh, Petani Papua Barat Tingkatkan Produksi

mediaindonesia.com | Ekonomi
Mentan SYL Ajak Penyuluh, Petani Papua Barat Tingkatkan Produksi

DOK KEMENTAN
Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kota Sorong.

 

Kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah merupakan kunci utama dalam pencapaian tujuan pembangunan. Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada acara Temu Tugas Peneliti, Penyuluh Balitbangtan dan Pemda Propinsi Papua Barat di Hotel Belagri, Kota Sorong, Rabu (26/2).

Menurut mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu, kerja-kerja kolaboratif dan sinergi lintas lembaga mutlak dilakukan.

"Riset dan inovasi yang dikembangkan oleh peneliti diharapkan implementatif sehingga penyuluh yang terjun ke lapangan juga dapat meningkatkan produksi, kualitas dan daya saing komoditas pertanian," katanya.

Sementara itu, Dominggus Mandacan, Gubernur Papua Barat menyampaikan, bahwa Papua Barat memiliki potensi pengembangan pada sektor tanaman pangan terutama padi, jagung, kedelai, ubi kayu, dan ubi jalar.

"Selain itu, untuk komoditas hortikultura seperti matoa, langsat, sukun, dan markisa, juga memiliki prospek pengembangan yang bagus," katanya.

Mantan Bupati Manokwari ini juga mengharapkan pembangunan pertanian di Papua Barat terintegrasi dari hulu hingga hilir, dengan tidak meninggalkan kearifan lokal.

"Kami memiliki komitmen kuat mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan seperti yang tertuang dalam Nawacita. Sehingga di masa yang akan datang ada konektifitas industri, memperkaya aneka produk turunan yang berorientasi ekspor," ujarnya.

Oleh karena itu, harmonisasi, menurut Mentan Syahrul harus dijaga karena dengan hal itu akan memberikan nilai lebih bagi petani sehingga meresonansi kesejahteraan dan menjadikan keunggulan komparatif daerah dibawah Kostratani.

"Selain untuk mewujudkan pertanian maju, mandiri, modern, di Kostratani juga diharapkan bisa menghadirkan Tanah Papua yang inklusif dan berkelanjutan," pungkasnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Pembelian Bahan Pangan Bulog Bisa lewat Daring

👤M Ilham Al Machmudi 🕔Selasa 31 Maret 2020, 01:00 WIB
Bulog masih memiliki stok beras sebanyak 1,4 juta ton yang tersimpan di gudang-gudang milik...
MI/AGUS MULYAWAN

Ekonomi Harus Tetap Bergerak

👤M Ilham Ramadhan 🕔Selasa 31 Maret 2020, 00:40 WIB
Melalui kerja sama Kemen BUMN dan BKPM tersebut, berbagai proyek strategis negara diharapkan tetap terus...
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Pandemi Covid-19 Buka Peluang Bisnis Trading Emas dan Forex

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Maret 2020, 22:29 WIB
Ternyata salah satu solusinya di tengah pandemi Covid-19 dengan melirik bisnis trading emas dan foreign...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya