Rabu 26 Februari 2020, 17:10 WIB

Tim Komrah Akan Tegur Jakpro karena Pengelupasan Aspal Tak Mulus

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Tim Komrah Akan Tegur Jakpro karena Pengelupasan Aspal Tak Mulus

MI
Uji coba pengaspalan untuk sirkuit Formula E di Monas

 

Anggota tim asistensi Komisi Pengarah (Komrah) Pembangunan Kawasan Medan Merdeka bidang lingkungan hidup melakukan sejumlah pemeriksaan di area proyek revitalisasi Monumen Nasional (Monas). Pemeriksaan juga dilakukan terhadap area seluas 20 meter persegi yang dilapisi aspal guna uji coba pelapisan aspal pada area cobblestone.

Dari pemeriksaan langsung itu, anggota tim asistensi Bambang Hero menegaskan ada satu temuan kenyataan faktual di lapangan yang tidak sesuai dengan pernyataan dari pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, yakni PT Jakarta Propertindo.

Selaku organizing committee (OC) untuk balap mobil Formula E, Jakpro sebelumnya telah menguji coba melapisi batuan cobblestone dengan aspal melalui metode geotextile. Jakro meng-klaim pengelupasan itu berjalan mulus.

"Faktanya tidak demikian. Ini. di sini, kita temukan ada bekas baretan putih pada batuan cobblestone," kata Bambang saat ditemui Media Indonesia di Monas, Rabu (26/2).

Baca juga: Jakpro Minta Aspal Sirkuit Formula E di Monas Dipermanenkan

Baretan pada batuan cobblestone yang berada di silang tenggara Monas atau yang bersisian dengan Stasiun Gambir itu terlihat jelas. Warna baretan putih di atas batuan yang berwarna kecokelatan.

Tidak hanya satu atau dua sisi saja, tetapi baretan terjadi di empat sisi ujung-ujung bekas pelapisan aspal.

Bahkan pelapisan cobblestone dengan lapisan geotextile juga terlihat tidak mulus. Pasalnya masih ada banyak sisa aspal di sela-sela batuan pascapengelupasan.

"Ya kita lihat ini juga ada sisa aspal masuk ke sela-selanya. Artinya tidak semulus apa yang dinyatakan Jakpro kepada media kemarin," ujarnya.

Oleh karena itu Bambang akan memberikan teguran pada Jakpro agar lebih berhati-hati dalam uji coba pelapisan aspal berikutnya.

"Kita akan berikan teguran supaya lebih berhati-hati dan harus ada pendampingan selanjutnya," tegasnya.

Sebelumnya, Jakpro melakukan uji coba pelapisan aspal untuk Formula E di Monas pada Senin (24/2). Lalu pada Selasa dini hari (25/2) aspal itu dikelupas dan Jakpro menyatakan pengelupasan berjalan mulus. (OL-14)

Baca Juga

Dok MI

NasDem Minta Pemilihan Wagub Ditunda Hingga Situasi Kondusif

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 29 Maret 2020, 14:00 WIB
Fraksi NasDem merupakan fraksi pertama yang meminta agar pemilihan wagub DKI ditunda dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang digelar...
MI/Ramdani

Jika Jakarta Dikarantina: Pemerintah Butuh Rp8,4 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:55 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Demokrat, Mujiyono mengungkapkan jika Jakarta diputuskan untuk dikarantina, maka pemerintah membutuhkan...
MI/Ramdani

Jika Jakarta Dikarantina, Pemerintah Harus Menyiapkan Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:40 WIB
Pasokan pangan harus terjamin, transportasi publik harus beroperasi, lalu RS, puskesmas, apotek dan klinik tetap buka. Itulah skema yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya