Rabu 26 Februari 2020, 16:32 WIB

Jokowi: Proyek Ibu Kota Baru Digarap Banyak Negara Asing

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Jokowi: Proyek Ibu Kota Baru Digarap Banyak Negara Asing

Antara
Presiden Jokowi (kiri) berbincang dengan Gubernur Kaltim Isran Noor (kanan) meninjau Penajam Paser Utara, Kaltim, 17-12-2019.

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta jajaran menterinya untuk segera memetakan proyek-proyek pembangunan ibu kota negara baru.

Ia menyebut harus ada kejelasan terkait proyek apa saja yang akan diserahkan kepada swasta, baik melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha ataupun investasi langsung.

Pasalnya, sudah ada banyak negara sahabat yang menyatakan minat untuk ikut terlibat dalam penggarapan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

Baca juga: Yuk, Intip Profil Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru

"Kemarin saya menerima tamu dari Korea Selatan yang memiliki pengalaman dalam membangun ibu kota baru yang smart dan green. Mereka menyampaikan ketertarikan. Ini saya kira sebuah sinyal yang bagus," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2).

Maka dari itu, lanjutnya, pemerintah harus bisa memberikan penjelasan secara gamblang terkait peluang mereka di dalam proyek tersebut.

"Mereka akan terlibat di wilayah mana. siapkan detil-detil proses kerja samanya," tutur Jokowi.

Baca juga: KLHK Siap Wujudkan Forest City di Ibu Kota Baru

Selain pemetaan proyek, presiden juga meminta para menteri segera menyelesaikan Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara.

"Segera selesaikan semua payung hukum yang dibutuhkan untuk pemindahan ibu kota. Saya dengar dari Kepala Bappenas bahwa rancangan undang-undangnya akan disampaikan ke DPR setelah reses. Saya kira ini sebuah persiapan yang memang penting agar payung hukum yang dibutuhkan betul-betul sudah siap," tandasnya. (Pra/A-3)

Baca Juga

MI/AGUS MULYAWAN

Hasil Rapid Test, 3 Pegawai dan 1 OB di DPR Positif Covid-19

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:22 WIB
Indra menuturkan, keempat orang yang terindikasi positif korona melalui rapid test tersebut belum bisa 100% dikatakan sebagai pasien...
Dok MI

Niat Menkumham Bebaskan Koruptor Bakal Menjauhkan Efek Jera

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:07 WIB
Berdasarkan data ICW, rata-rata vonis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi bagi pelaku korupsi hanya menyentuh angka 2 tahun 5 bulan...
Ilustrasi

Begini Kronologi Kecelakaan Tragis Wakil Jaksa Agung Arminsyah

👤Astri Novaria 🕔Sabtu 04 April 2020, 18:06 WIB
Wakil Jaksa Agung Arminsyah meninggal dunia dalam kecelakaan yang terjadi di tol Jagorawi KM 13 pada pukul 14.25, Sabtu (4/4)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya