Rabu 26 Februari 2020, 09:56 WIB

Kostratani Bali Persiapkan Penguatan Komoditas Unggulan Ekspor

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kostratani Bali Persiapkan Penguatan Komoditas Unggulan Ekspor

Istimewa
Focus Group Discussion (FGD) Pemantapan Kostratani Dalam Mendukung Ekspor Produk Pertanian, di Bali, Selasa (25/2).

 

PEREKONOMIAN di Bali saat ini mengalami pergeseran seiring berkembangnya sektor pariwisata yang lebih dominan untuk PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Bali.

Sebagaimana diketahui bahwa sektor pertanian menduduki tempat kedua, dalam hal kontribusi terhadap PDRB atau sekitar 14,7% bagi Bali, namun kini sektor ini berangsur menurun.

Ni Luh Made Wiratmi, Asisten Perekonomian dan Administrasi Daerah Propinsi Bali, mengatakan permasalahan klasik yang dihadapi adalah produk olahan belum ada pola produksi, sehingga petani hanya bekerja di sektor budidaya, dan belum menyentuh akses pasar.

"Hal ini yang kedepan menjadi tantangan bagi perkembangan pertanian di Bali. Ada kendala dalam akses pasar," jelas Ni Luh dalam Focus Group Discussion (FGD) Pemantapan Kostratani Dalam Mendukung Ekspor Produk Pertanian, di Bali, Selasa (25/2).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Bali, IB Wisnuardhana, menilai positif keberadaan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang digaungkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Peran penyuluh akan semakin krusial, dan menjadi terdepan dalam pembangunan pertanian Bali.

Pihaknya mengaku telah mengidentifikasi kekuatan Kostrada (Propinsi), mulai dari pemetaan penyuluh hingga sentra produksi komoditas unggulan. Menurut Wisnuardhana, Bali memiliki banyak potensi komoditas ekspor, namun masih terkendala belum terjamin kontinuitas pasokan, dan optimalnya penerapan sistem mutu.

"Organisasi Kostratani dapat menjawab kebutuhan ini. Beberapa langkah strategis telah dipersiapkan untuk mendukung peningkatan ekspor," jelasnya.

Langkah strategis tersebut antara lain registrasi kebun, sistem jaminan mutu, registrasi packing house, pengembangan komoditi unggulan spesifik lokasi dan Penguatan kelembagaan petani, khususnya salak, jeruk, anggur, mangga, kakao, dan kopi. (OL-09)

Baca Juga

Ist/Kementan

Petani Solok Bisa Jual Minyak Sereh Wangi ke Eksportir

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 16:05 WIB
Ketua Kelompok Tani Agribisnis Atsiri Kota Solok, Djanuardi, mengatakan, sereh wangi  yang ditanam petani disuling sendiri dengan...
Ist/Kementan

Tanaman Padi Padi Palawija di Gunung Kidul Telah Menghijau

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 15:09 WIB
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gununungkidul,  Ir.Bambang Wisnu Broto bersama jajaran melakukan monitoring lapangan...
DOK Istimewa

Jokowi Tersenyum Lihat Hasil Kerja Mantan Mentan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 14:53 WIB
Jokowi berharap ke depan ada lagi 15 lagi pabrik gula yang dibangun sehingga Indonesia mampu memenuhi komsumsi gula baik di Indonesia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya