Rabu 26 Februari 2020, 09:27 WIB

Yogyakarta Memulai Penyelamatan Bukit Pandawa

AT/N-2 | Nusantara
Yogyakarta Memulai Penyelamatan Bukit Pandawa

MEDIA INDONESIA Koresponden/Ardi Teristi Hardi
Bukit Pandawa Diusulkan Geo Heritage

 

KEKAYAAN geologis Indonesia tidak pernah habis dieksplorasi. Salah satunya di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, ada Bukit Pandawa di Desa Sidorejo, Godean, yang sudah berusia 40 juta tahun.

"Bukit Pandawa layak ditetapkan menjadi warisan geologi atau geo heritage. Batuan dioritnya berusia sangat tua, sekitar 40 juta tahun, dan sebelumnya berada di dasar laut," ujar pakar geologi Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, Prof Bambang Prastistho, kemarin.

Salah satu buktinya ialah adanya endapan dasar laut dan bagian dari bekas aktivitas gunung api purba. Batuan di bukit ini sangat penting untuk melacak jejak sejarah terbentuknya darat-an, khususnya Pulau Jawa. "Karena itu, Bukit Pandawa harus dilindungi dan jangan sampai ditambang," tandasnya.

Peneliti Ahli Utama Badan Geologi, Kementerian ESDM, Hanang Samodra mengaku sudah menerima usulan verifikasi geo heritage Bukit Pandawa dari Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta. "Kami akan memverifikasi lokasi itu layak atau tidak menjadi warisan geologi." (AT/N-2)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

BUMN di Sumsel Sumbang APD Bantu Tangani Covid-19

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 09 April 2020, 20:58 WIB
Sebanyak 46 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Sumatra Selatan (Sumsel) ikut ambil bagian penanggulangan covid-19, lewat bantuan...
dok pemprov jatim

Khofifah Minta Desa Miliki Layanan Observasi Mandiri Covid-19

👤Aries Wijaksena 🕔Kamis 09 April 2020, 20:23 WIB
Hal ini terutama untuk mengantisipasi gelombang pemudik yang diprediksi akan berdatangan masuk ke Jawa Timur jelang bulan suci Ramadan dan...
Istimewa

Pengendara Motor Luput Tertimbun Longsor di Sukanagara Cianjur

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 09 April 2020, 20:13 WIB
BERUNTUNG, dia berhasil menyelamatkan diri dengan cara meloncat saat material tanah ambruk dan menyeret sepeda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya