Rabu 26 Februari 2020, 09:18 WIB

Kelabakan Hadapi Cuaca Ekstrem

(HT/AS/RZ/UL/CS/SL/LD/DG/RF/DW/AD/JS/N-2) | Nusantara
Kelabakan Hadapi Cuaca Ekstrem

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.
Foto udara kondisi wilayah Pekalongan terdampak banjir di Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (24/2/2020).

 

PERTEMUAN massa udara dan kondisi labilitas udara yang menyebabkan cuaca ekstrem tidak hanya membuat Jakarta dirundung banjir. Sejumlah kota pesisir juga mengalami derita serupa.

Di Pekalongan, Jawa Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah mencatat ada 3.154 rumah terendam di Kecamatan Siwalan dan Tirto. "Sebanyak 4.254 keluarga terdampak, dan 600 keluarga di antaranya harus mengungsi," ujar Kepala BPBD Budi Rahardjo.

Hujan sehari sebelumnya telah menyebabkan sejumlah sungai meluap. Banjir diperkirakan lama surut, karena hujan masih turun di daerah ini dengan intensitas sedang dan tinggi, kemarin.

Para pasien di RUSD Kraton, Pekalong-an, juga merasakan kerepotan karena banjir. Sebanyak 20 pasien di antaranya harus dievakuasi karena banjir masuk ke ruangan mereka hingga ketinggian 50 sentimeter.

Tidak hanya Pekalongan, banjir juga merendam 10 desa di Kabupaten Batang. Bupati Wihaji berharap Gubernur Jawa Tengah segera menormalisasi sungai, sehingga tidak terjadi banjir lagi di masa mendatang. Warga di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, juga harus mengungsi karena banjir mengepung mereka. Banjir terparah menimpa Desa Mulyasari.

"Ketinggian air mencapai 2 meter. Kami menyiapkan 4 lokasi pengungsian untuk warga," tutur Camat Pamanukan, Ela Nurlela.

Masih di Jawa Barat, banjir membuat siswa SDN 1, Banyalangu Kidul, Gegesik, Kabupaten Cirebon tidak bisa sekolah. Hanya saja untuk siswa kelas 6, yang sedang melaksanakan latihan ujian, prosesnya digelar di masjid desa.

"Banjir sudah mengepung sekolah sejak dua hari lalu. Kami terpaksa meliburkan siswa kelas 1-5, sampai banjir surut," ujar Kepala SDN 1 Banyalangu Kidul, Durotin.

Sementara itu, di Karawang, 10.529 rumah di 14 kecamatan juga meng-alami nasib serupa. Curah hujan yang tinggi selama tiga hari terakhir, drainase tersumbat, dan sifon yang tersumbat sampah menjadi penyebab banjir. Di luar Jawa, banjir juga mengepung sejumlah kecamatan di pesisir timur Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi. (HT/AS/RZ/UL/CS/SL/LD/DG/RF/DW/AD/JS/N-2)

Baca Juga

ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Covid-19 Kota Semarang Turun Tapi Jawa Tengah Masih Tinggi

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 10 Juli 2020, 16:46 WIB
Pemantauan Media Indonesia Jumat (10/7), kasus covid-19 secara keseluruhan di Jawa Tengah masih tinggi capai 5.605...
MI/Martinus Solo

Dinas P2KB3A Kabupaten Sorong Gelar Pelatihan Cegah Stunting

👤Martinus Solo 🕔Jumat 10 Juli 2020, 16:35 WIB
Dinas P2KB3A Kabupaten Sorong menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi pengelola PRP PN khususnya pencegahan stunting yang...
Antara/Andreas Fitri Atmoko

Objek Wisata di Jogja Terapkan Protokol Kesehatan Plus-Plus

👤Ardi Teristi 🕔Jumat 10 Juli 2020, 16:20 WIB
Destinasi wisata di Yogyakarta tidak hanya wajib melaksanakan protokol kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak, tapi menerapkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya