Rabu 26 Februari 2020, 09:30 WIB

Wapres akan Melawat ke Pangkalpinang, PLN Siagakan 280 Petugas

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Wapres akan Melawat ke Pangkalpinang, PLN Siagakan 280 Petugas

ANTARA/Ahmad Subaidi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

UNTUK mendukung kehandalan pasokan listrik selama pelaksanaan kegiatan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII yang diagendakan dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung  (Babel) menyiagakan 280 petugas. Rabu (26/2).

Senior Manager Teknik PLN UIW Babel Taufik Eko mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi untuk melakukan inventarisasi lokasi-lokasi  kunjungan Wapres berserta rombongan.

"Di lokasi-lokasi tersebut kami siagakan 280 petugas beserta dengan skema pengamanan pasokan listrik," kata Eko.

Ia menyebutkan beberapa lokasi yang menjadi prioritas suplai listrik adalah instalasi vital, yaitu tempat-tempat dilaksanakannya kegiatan KUII ke VII.

Baca juga: Cegah Sedimentasi, Tanam Pohon di Hulu Bendungan Tilong

Pusat transportasi seperti bandara dan lokasi penunjang lainnya misalnya hotel, rumah makan, serta gedung serba guna  juga tidak luput dari prioritas suplai pasokan.

"Contingency plan kita lakukan dengan menyiapkan pasokan listrik sebanyak tiga hingga empat lapis di masing-masing lokasi. Beberapa titik mendapat suplai utama dari genset namun beberapa titik lain mendapat suplai utama dari penyulang PLN dengan di-backup oleh genset dan uniterupable power supply (UPS)," ungkap Eko.

Menurut Eko, selama kunjungan tersebut, PLN menyiagakan petugas selama 24 jam, standard operating procedure (SOP), dan simulasi switching bila suplai utama bila terjadi gangguan.

"Uji switching pun dilakukan bersama dengan anggota Paspampres untuk memastikan kecepatan manuver beban bila hal itu terjadi. Kurang lebih dalam kurun waktu tiga detik, pasokan dapat kembali disuplai dengan backup yang telah disiapkan," ujarnya.

"Instalasi pelanggan yang menjadi pusat-pusat kegiatan juga tidak luput dari pemeriksaan petugas PLN. Satu persatu lokasi dicek secara intensif dan dilakukan pergantian apabila terdapat peralatan listrik yang rusak." ungkap dia. (OL-1)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 8 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 26 Oktober 2020, 07:13 WIB
Saat ini, jumlah akumulatif pasien positif covid-19 di Klaten menjadi 823 orang. Sebanyak 682 orang sembuh, 113 dirawat di rumah...
Ilustrasi

Bayi 11 Bulan di Aceh Singkil Positif Covid-19

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Senin 26 Oktober 2020, 06:45 WIB
Dari hasil swab test 18 orang yang berada di lingkungan perusahaan perkebunan sawit di Aceh Singkil, satu orang dinyatakan positif yakni J,...
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Gempa Berskala 5,5 SR Tidak Timbulkan Kerusakan di Sukabumi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 06:09 WIB
Getaran gempa bumi 5,5 Skala Richter (SR) yang membuat panik warga Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu, (25/10) sekitar pukul 07.56 WIB tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya