Rabu 26 Februari 2020, 06:28 WIB

WHO Sebut Dunia tidak Siap Hadapi Virus Korona

Nur Aivanni | Internasional
WHO Sebut Dunia tidak Siap Hadapi Virus Korona

AFP/VALERY HACHE
Sejumlah warga mengenakan masker saat menghadiri karnival di Nice, Prancis.

 

EPIDEMI virus korona menyebabkan lebih banyak kematian dan gangguan pada Selasa (25/2). Pasalnya, ketika jumlah kasus baru menurun di pusat wabah di Tiongkok, peningkatan kasus justru terjadi di beberapa bagian Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Kepala Delegasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Bruce Aylward yang memimpin misi gabungan WHO-Tiongkok mengatakan negara-negara lain "sama sekali tidak siap" mengendalikan wabah tersebut.

"Anda harus siap mengendalikan ini pada skala yang lebih besar dan itu harus dilakukan dengan cepat," tegas Aylward, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (26/2).

Baca juga: Korsel Segera Uji Virus Korona Seluruh Jemaat Gereja di Daegu

Iran telah melaporkan 15 kematian akibat virus korona dari hampir 100 orang terinfeksi. Bahkan Wakil Menteri Kesehatan Iran Iraj Harirchi mengatakan dia tertular virus tersebut.

Virus korona telah merenggut nyawa lebih dari 2.600 orang dan menginfeksi lebih dari 77.000 lainnya di Tiongkok. Di seluruh dunia, ada lebih dari 40 kematian dan 2.700 kasus.

Penyakit itu sekarang telah mencapai puluhan negara, dengan Austria, Kroasia, dan Swiss menjadi tambahan terbaru pada Selasa (25/2).

WHO pun telah meminta negara-negara di dunia untuk mempersiapkan potensi pandemi virus korona. (OL-1)

Baca Juga

MI/Duta

Bayi Kembar Diberi Nama Corona dan Covid

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 05 April 2020, 17:40 WIB
Orangtua bayi kembar yang lahir di Rumah Sakit Dr Bhimrao Ambedkar Memorial di Raipur, ibu kota Negara Bagian Chhattisgarh, memberi nama...
AFP / Aidan JONES

Dilema Para ‘Phim’ dan Ancaman Terinfeksi Virus Korona di Bangkok

👤Deri Dahuri 🕔Minggu 05 April 2020, 14:33 WIB
Kendati diselimuti kekhawatiran terpapar Covid-19, para 'Phim' nekat mencari pelanggan demi uang buat membayar biaya sewa...
AFP/JACK GUEZ

Israel Perketat Lockdown di Bnei Brak

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 05 April 2020, 12:55 WIB
Mulai Minggu (5/4) pagi, pasukan polisi dan militer memblokade akses ke Route 481, sebuah arteri area metropolitan utama Tel Aviv yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya