Selasa 25 Februari 2020, 23:41 WIB

Pemerintah Kucurkan Rp72 Miliar untuk Influencer Pariwisata

Dhika kusuma winata | Ekonomi
Pemerintah Kucurkan Rp72 Miliar untuk Influencer Pariwisata

Antara
Bali menjadi salah satu destinasi yang terdampak virus Korona

 

PEMERINTAH menganggarkan dana Rp72 miliar untuk urusan hubungan media dan influencer demi menggenjot pariwisata. Kucuran dana itu disiapkan untuk mengantisipasi lesunya pariwisata akibat kasus virus korona yang menjadi perhatian dunia.

"Ada untuk anggaran promosi Rp103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp25 miliar, dan media relation dan influencer sebanyak Rp72 miliar," ungkap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2).

Hal itu diungkapkan Airlangga seusai rapat terbatas antisipasi penyebaran virus korona terhadap perekonomian Indonesia yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Menurut Airlangga, anggaran untuk influencer atau pemengaruh itu menjadi bagian dana insentif senilai total Rp298,5 miliar untuk menggaet wisatawan asing. Lazimnya, influencer bekerja membuat konten promosi melalui media sosial.

 

Baca juga: Gegara Virus Korona, Pariwisata Bali Tekor Rp1 Triliun

 

Dana ratusan miliar itu di antaranya Rp98,5 miliar juga disiapkan untuk maskapai penerbangan dan agen perjalanan untuk memberikan diskon khusus kepada turis mancanegara.

"Khusus untuk wisatawan domestik juga diberikan dukungan yaitu pemerintah memberikan diskon 30% untuk 10 tujuan wisata. Nah (diskon) 30% itu untuk kuota 25% seat setiap penerbangan. Ini berlaku selama tiga bulan yaitu Maret, April, dan Mei. Program ini apabila dirasakan manfaatnya dapat dilanjutkan," imbuh Airlangga.

Adapun 10 destinasi tujuan yang mendapat diskon tersebut ialah Danau Toba, Yogyakarta, Malang, Manado, Bali, Mandalika (NTB), Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, dan Bintan. (OL-8)

Baca Juga

Antara/Fakhri Hermansyah

PUPR: Stok Infrastruktur Indonesia Jauh dari Standar Global

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 15:43 WIB
Stok infrastruktur Indonesia terhadap PDB berkisar 43% pada 2019. Itu masih jauh dari rata-rata standar global, yakni sebesar...
MI/M Taufan SP Bustan

Kemenperin Ingatkan Pentingnya Kekayaan Intelektual bagi IKM

👤 M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 15:35 WIB
Ditjen IKMA telah memfasilitasi pendaftaran 4.374 merek, 1.258 hak cipta, 79 desain industri, 17 paten dan 3 indikasi...
MI/Deny Susanto

Perhapi Dorong Pemanfaatan Limbah Tambang

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 15:20 WIB
Perhapi mendorong pemerintah melakukan pengawasan dan pembinaan agar perusahaan pertambangan memanfaatkan sisa hasil...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya