Selasa 25 Februari 2020, 19:32 WIB

Pemprov DKI: AEON Mall Cakung Abaikan Kewajiban Bangun Waduk

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pemprov DKI: AEON Mall Cakung Abaikan Kewajiban Bangun Waduk

MI/Insi Nantika Jelita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies mengaku sudah memanggil pengelola AEON Mall Jakarta Garden City (JGC) Cakung, terkait kewajiban soal Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT). Dimana, pengelola tersebut ternyata belum memenuhi kewajiban sebagai pengembang mall.

"Pengelola JGC itu sudah dipanggil Senin (24/2) kemarin," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Selasa (25/2).

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah menambahkan bahwa pengelola JGC tidak memenuhi kewajiban-kewajibannya seperti yang tertuang dalam SIPPT, yakni seperti pembuatan sodetan atau waduk untuk menampung air.

Akibat tidak dilaksanakan kewajiban tersebut, warga Cakung mengamuk ke pihak JGC karena menyebabkan banjir.

"Jadi sudah diintruksikan kepada Jakarta Garden City untuk menunaikan kewajiban-kewajibannya yang tertuang dalam SIPPT yang ditanda tangani dengan Pemprov," kata Saefullah.

"Salah satunya adalah menuntaskan (pembuatan) waduk dengan fasilitas pompa dan saluran yang memadai serta menyediakan lahan waduk sejumlah 25 hektare," lanjut Saefullah.

Pemprov, katanya, sudah memberikan saran agar secepatnya JGC menyelesaikan pembuatan sodetan ke Banjir Kanal Timur.

"Dalam rapat kerja antara Pemprov DKI dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), disampaikan bahwa akan menyodet dari JGC yang memang punya dampak ke selatan maupun ke utara dari JGC itu," kata Saefullah.

"(Pengerjaan) sumbatannya baru hari ini. karena belom teruji. Hari ini, berdasarkan kejadian hari sabtu lalu (yang banjir), kita investifasi ke sana dan kita cek kondisi lapangan. maka kita minta eksekusi itu," tandasnya.

Diketahui, massa menyerang AEON Mall JGC Cakung pada siang tadi. Mereka menuding pihak engembang sebagai penyebab banjir di permukiman sekitar.

Kepolisian telah memediasi ratusan orang dengan pihak manajemen AEON Mall Jakarta Garden City. Sebelumnya, warga melakukan aksi protes dan perusakan fasilitas mall. (OL-4)

Baca Juga

Dok MI

DPRD Janji Sediakan Live Streaming Pemilihan Wagub DKI

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 06 April 2020, 06:31 WIB
Siaran langsung akan dilakukan melalui live streaming di layar di dalam ruang balai wartawan Balai Kota yang letaknya berdekatan dengan...
Antara

Penumpang Umum Wajib Pakai Masker

👤Media Indonesia 🕔Senin 06 April 2020, 02:35 WIB
Penumpang yang tidak mengindahkan aturan agar ditolak masuk kendaraan...
Antara

RSUP Persahabatan Seleksi Pasien Covid-19

👤Media Indonesia 🕔Senin 06 April 2020, 02:10 WIB
“Bukan penolakan, melainkan seleksi (menerima) kasus rujukan,” ujar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya