Selasa 25 Februari 2020, 19:00 WIB

Cibangkong Kembangkan Wisata Alam dan Religi dari Dana Desa

Lilik Darmawan | Nusantara
Cibangkong Kembangkan Wisata Alam dan Religi dari Dana Desa

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Suasana pemandangan alam air terjun yang di tempat wisata alam Curug Cibangkong, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar.

 

PEMERINTAH desa (Pemdes) Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) terus berbenah menggunakan dana desa (DD). Dari alokasi tahun 2020 senilai Rp1,46 miliar, 10% di antaranya digunakan untuk pengembangan wisata. Apalagi sebelumnya, Pemdes telah mencanangkan sebagai desa wisata religi.

Kepala Desa (Kades) Cibangkong Sarwoto Aminoto mengungkapkan meski belum cair, tetapi DD tahun sekarang untuk desa setempat mencapai Rp1,46 miliar. "Anggaran tersebut tetap diperuntukkan sebagian besar untuk pembangunan infrastruktur desa, pengembangan wisata dan pemberdayaan masyarakat. Untuk pengembangan wisata dialokasikan Rp145 juta," jelasnya pada Selasa (25/2).

Dijelaskan oleh Sarwoto, ada beberapa program yang bakal digarap yakni wisata alam dan wisata religi. "Di Cibangkong, ada beberapa tempat petilasan yang dapat dikembangkan sebagai wisata religi. Selain itu di sini juga ada hutan adat yang terus dijaga kelestariannya. Tak hanya itu, ada curug atau air terjun yang dinamakan Curug Menyawak. Nantinya akan terus dikembangkan sehingga mampu menarik minat  wisatawan,"  katanya.

Kades berharap, DD yang dijanjikan dapat segera turun. Sebab, sampai sekarang, untuk wilayah Banyumas belum ada kabar kepastiannya. "Sama sekali belum tahu kapan akan cair. Mudah-mudahan secepatnya, sehingga desa dapat segera melaksanakan program-program yang telah direncanakan," tambahnya. (OL-12)

Baca Juga

MI/Widjajdi

Media Grup Salurkan Bantuan APD di Wonogiri

👤Widjajadi 🕔Jumat 10 April 2020, 17:45 WIB
Dompet Kemanusiaan Media Grup (DMKG) terus bergerak ke sejumlah daerah, untuk menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) yang ...
Antara

Warga Bantah Tolak Makamkan Perawat RSUP dr Kariadi

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 10 April 2020, 17:41 WIB
"Sepertinya komunikasi tidak lancar karena tidak ada penolakan di Desa Susukan, bahkan warga sudah menyiapkan liang lahatnya,"...
Antara

Humas Gugus Tugas: Warga Tolak Makamkan Perawat RSUP dr Kariadi

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 10 April 2020, 17:37 WIB
"Tapi ketika akan pelaksanaan, tiba-tiba ada sekelompok orang di situ,"...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya