Selasa 25 Februari 2020, 06:30 WIB

Maret, Dampak Covid-19 Baru Terlihat

MI | Ekonomi
Maret, Dampak Covid-19 Baru Terlihat

ANTARA
Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso

 

INDUSTRI manufaktur Indonesia berpotensi lumpuh pada pertengahan Maret 2020 bila virus korona baru (covid-19) terus merebak dan nirsolusi.

“Puncaknya korona itu sekitar 20 Januari sampai 30 Januari. Kalau dua bulan plus, itu berarti di pertengahan Maret mulai terasa. Jadi pemerintah harus mulai memikirkan ini,” kata Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, kemarin.

Ia menambahkan pemerintah telah mengambil langkah untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap berdaya saing dan kuat di tengah merebaknya covid-19. Ekonom dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah juga memperingatkan dampak covid-19 pada industri manufaktur akan mencapai puncak pada Maret 2020. Bahkan, bila wabah itu berkelanjutan, dampaknya lebih parah.

Menurutnya, itu disebabkan terhentinya pasokan bahan baku dari Tiongkok, negara mitra dagang utama Indonesia. Piter mengatakan, untuk mencari alternatif pasar lain selain Tiongkok terbilang sulit. Terlebih bila alternatif itu sebagai langkah jangka pendek. (Mir/E-3)

Baca Juga

Dok ACT Group

Efek Korona, Pengembang Maksimalkan Pemasaran Digital

👤Ahmad Punto 🕔Rabu 01 April 2020, 01:05 WIB
Di tengah krisis korona, pelaku industri termasuk industri properti dituntut makin kreatif dan inovatif dalam memasarkan...
Antara/Dedhez Anggara

WFH tak Ganggu Penyaluran FLPP bagi MBR

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 01 April 2020, 00:27 WIB
Total penyaluran FLPP sejak 2010 hingga per 31 Maret 2020 telah mencapai Rp47,188 Triliun untuk 683.714 unit...
Dok Kemenkominfo

Pemerintah Luncurkan Aplikasi Berbasis AI untuk Perangi Korona

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:02 WIB
Teknologi AI menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler (ponsel) dan terhubung dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya