Senin 24 Februari 2020, 20:26 WIB

Mahfud MD: Tidak Ada Isyarat Reshuffle Kabinet

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Mahfud MD: Tidak Ada Isyarat Reshuffle Kabinet

MI/Pius Erlangga
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, menyampaikan pidato dalam sebuah diskusi di Jakarta.

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, mengaku belum mendengar isu kocok ulang (reshuffle) kabinet.

Hal itu disampaikan Mahfud kepada wartawan di kantornya, Senin (24/2). "Reshuffle saya tidak ingin dengar dan tidak dengar. Presiden tidak pernah memberi isyarat apapun soal kocok ulang di sidang kabinet," pungkas Mahfud.

Presiden Joko Widodo, lanjut dia, tidak pernah memberikan isyarat sikap dan pernyataan terkait reshuffle kabinet. Para menteri di Kabinet Indonesia Maju bertemu dalam rapat kabinet setidaknya dua kali dalam satu pekan. Pun, isu reshuffle tidak pernah dibahas dalam rapat tersebut.

"Kita kan rata-rata sidang kabinet dua atau tiga kali. Tidak ada isyarat (reshuffle). Baik dari sikap maupun pernyataan Presiden. Itu hak prerogatif beliau (Presiden)," jelas Mahfud.

Baca juga: Optimisme Publik Muncul terhadap Pemerintahan Jokowi-Amin

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, menyatakan Presiden Jokowi tidak berencana melakukan perombakan susunan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

"Tidak ada rencana reshuffle. Semua menteri dipersilakan melaksanakan rencana kerjanya," kata Fadjroel saat dihubungi pekan lalu.

Fadjroel mengatakan para menteri di Kabinet Indonesia Maju diminta Presiden untuk fokus melaksanakan rencana kerja pemerintah. Pada Jumat (21/2) lalu, publik dikejutkan kabar viral yang menyatakan Jokowi, sapaan akrabnya, berencana melakukan reshuffle kabinet. Kabar itu pertama kali mencuat dalam cuitan Dede Budhyarto melalui akun Twitter @kangdede78, yang bercentang biru atau terverifikasi.

Dalam cuitannya, Dede menceritakan pertemuan dengan Jokowi di Istana Bogor bersama para tokoh berpengaruh (influencer) hingga para artis pendukung Jokowi pada kampanye pilpres 2019. "Pengen cerita hasil pertemuan dengan Presiden @jokowi, eh pulang dari Istana Bogor malah sakit. Intinya bakal ada reshuffle. Tunggu saja yah. Menteri yang kinerjanya ndak bagus kalian bakalan dicukupkan," tulis Dede di akun Twitternya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Sekretariat Presiden/Medcom.id

RI Ingin AS Menjadi Teman Sejati

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 02:46 WIB
Menlu Pompeo menegaskan, AS berkomitmen kuat untuk melanjutkan berbagai kemitraan komprehensif dengan...
MI/Adi Kristiadi

Kawan Jadi Lawan di Pangandaran

👤Kristiadi 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 01:55 WIB
POSTULAT bahwa tidak ada teman atau lawan abadi dalam...
Antara

Hadapi Pandemi, Presiden Ajak Umat Islam di Tanah Air Bermunajat

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 22:49 WIB
PRESIDEN Joko Widodo berpesan kepada seluruh umat muslim di Tanah Air untuk bisa mengambil pelajaran dari peringatan Maulid Nabi Muhammad...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya