Senin 24 Februari 2020, 17:34 WIB

Turis Terinfeksi Korona usai Kunjungi Indonesia, Ini Kata Menkes

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Turis Terinfeksi Korona usai Kunjungi Indonesia, Ini Kata Menkes

Antara
Warga beraktivitas memakai masker di Shinjuku, Tokyo, Jepang, Sabtu (15/2/2020).

 

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan pihaknya telah meminta data dari pemerintah Jepang mengenai warganya yang terjangkit virus korona (Covid-19) setelah berlibur ke Indonesia.

"Saya masih menunggu data dari mereka (pemerintah Jepang) karena itu data epidemiologi. Apa benar dia sudah ke sini, di mananya, di sana diperiksa setelah berapa hari, terus sakitnya apa. Itu harus detail," kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/2).

Baca juga:Pria Jepang Diduga Positif Korona Sepulang dari Indonesia

Sebelumnya, otoritas Kota Tokyo mengumumkan kasus baru Covid-19 pada seorang pria berusia 60 tahunan. Pria itu dinyatakan terinfeksi virus korona setelah mengunjungi Indonesia untuk berlibur. Pria tersebut datang ke Indonesia pada 15 Februari lalu. Namun, tidak diungkapkan lokasi-lokasi yang dikunjungi turis tersebut.

Menkes Terawan menyatakan hingga kini Indonesia masih berada dalam status green zone atau bebas korona. Terawan menyatakan pemerintah berhati-hati dalam menyikapi kabar tersebut dan ingin memastikan kebenarannya langsung kepada otoritas Jepang.

"Kalau hanya berita pernah kan di Malaysia juga pernah begitu. Korea juga begitu. Jadi kita harus terus hati-hati dalam menyikapinya karena data itu penting. Saya sebagai Menkes sangat berpatokan dengan data. Tergantung kalau mereka ngasih ya segera kita proses (datanya)," tukasnya. (Dhk/A-3)

Baca Juga

dok pemprov jatim

Rumah Dinas Gubernur Jatim Jadi Posko Command Center Covid-19

👤Aries Wijaksena 🕔Minggu 05 April 2020, 09:56 WIB
Rumah dinas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berlokasi di sisi timur Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo...
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)/Tim MI

Jenazah tidak Tularkan Virus

👤Ata/Aiw/RF/J-1 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Saat orang meninggal, selnya mati sehingga virus tidak akan berkembang. Sifat virus dalam jenazah sama dengan virus yang ada di tanah,...
MI/ROSMERY C SIHOMBING

Sido Muncul Hadirkan Kebaikan di Tengah Pandemi

👤Ykb/Ten/I-2 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Bantuan tersebut untuk membantu upaya melawan pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya