Senin 24 Februari 2020, 17:32 WIB

Mundurnya Mahathir Diiringi Aksi Pembelotan dari Pakatan Harapan

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Mundurnya Mahathir Diiringi Aksi Pembelotan dari Pakatan Harapan

AFP
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad pada 17 Juli 2018.

 

PARTAI Aksi Demokratis (DAP) mengutuk tindakan beberapa pemimpin koalisi Pakatan Harapan (PH) dan anggota parlemen Malaysia yang membentuk pemerintahan rahasia dengan koalisi baru yang disebut Perikatan Nasional.

Sekretaris Jenderal DAP, Lim Guan Eng, mengatakan aksi manipulasi politik semacam itu oleh koalisi, yang terdiri atas UMNO, Partai Islam se-Malaysia (PAS), MCA, MIC, dan pemimpin Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) tertentu, dengan pembelot PKR yang dipimpin oleh Datuk Seri Mohamed Azmin Ali, telah memengaruhi upaya pemerintah untuk mengatasi ekonomi dan mata pencaharian bisnis Malaysia dan masyarakat biasa.

Baca juga: Inilah Alasan Mahathir Mundur

"Keberatan atas upaya jahat yang ingin menumbangkan dan melemahkan mandat rakyat yang diberikan kepada PH, Tun Dr Mahathir Mohamad telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri dan ketua Bersatu," ujarnya kepada wartawan setelah menghadiri pertemuan darurat partai di markas besarnya hari ini.

Untuk diketahui, Mahathir Mohamad memutuskan mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Malaysia. Banyak pertanyaan muncul setelah keputusan itu.

Sebelumnya pada Minggu 23 Februari, Mahathir sempat melakukan pertemuan dengan beberapa partai penguasa dan oposisi. Pertemuan diikuti Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) pimpinan Mahathir, UMNO, PAS, Gabungan Parti Sarawak, Parti Warisan Sabah dan faksi Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang diwakili Azmin Ali. (NST/Hym/A-3)

Baca Juga

AFP/Loic VENANCE

Tingkat Kematian Covid-19 di Prancis Meningkat

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 07 April 2020, 08:53 WIB
Jumlah total kasus di Prancis, menggabungkan statistik rumah sakit dan panti jompo, meningkat 5.171 selama 24 jam terakhir menjadi 98.010...
AFP/STR

Maroko Wajibkan Warga Gunakan Masker

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 April 2020, 08:45 WIB
Maroko telah memberlakukan darurat kesehatan nasional sejak 19 Maret dengan melarang warga meninggalkan rumah kecuali jika memiliki...
AFP/Kena Betancur/Getty Images

WHO: Dunia Kekurangan 6 Juta Perawat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 April 2020, 08:30 WIB
Kepala Eksekutif ICN Howard Catton mengatakan tingkat infeksi, kesalahan medis, dan tingkat kematian lebih tinggi di negara yang kekurangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya