Senin 24 Februari 2020, 15:00 WIB

Pencairan Dana Desa Dua Kabupaten di Babel Hanya Dua Tahap

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
 Pencairan Dana Desa Dua Kabupaten di Babel  Hanya Dua Tahap

MI/RENDY FERDIANSYAH
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Pemprov Babel, Yuliswan

 

DINILAI baik dalam mengelola dana desa, dua kabupaten di Bangka Belitunf hanya menjalani dua tahapan dari total tiga tahapan proses pencairan dana desa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Pemprov Babel, Yuliswan mengatakan dua kabupaten di Babel yang mendapatkan keistimewaan pencarian dana desa tersebut adalah Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan.

"Karena dinilai baik, dua Kabupaten itu masuk dalam kategori desa mandiri, sehingga menjadi istimewa dibandingkan 4 Kabupaten lainya," kata Yuliswan, Senin (24/2).

Ia menjelaskan desa yang masuk dalam kategori mandiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui kementerian keuangan untuk desa yang baik dalam mengelola dana desa.

"Karena istimewa, pencairan dana desa di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan hanya melalui dua tahap. Pertama sebesar 60% dan kedua 40%," tambahnya.

Yuliswan menerangkan, pencairan tahap I paling cepat Januari dan paling lambat Juni sebesar 60 persen. Dan tahap II paling cepat bulan Juli sebesar 40 persen.

"Pemerintah mengucurkan dana desa yang besar, agar desa bisa menjadi lebih mandiri, meningkatkan potensi desa dan menggerakkan perekonomian," ungkap dia.

baca juga: KPU Cianjur Terima Berkas Dukungan dari 3 Paslon Perseorangan

Dana desa ini, lanjutnya juga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan potensi desa pada sektor produktif dan strategis. Misalnya di sektor perkebunan, pertanian, BUMDes, pariwisata, sektor padat karya dan lainnya.

Ia menambahkan untuk 4 Kabupaten lainya di Babel, yakni Bangka Tengah, Bangka, Belitung dan Belitung Timur, dana desanya tetap disalurkan  dalam tiga tahap.(OL-3)

 

 

Baca Juga

Istimewa

Warga Surabaya Apresiasi Bantuan Sembako Cak Machfud saat PSBB

👤Faishal Taselan 🕔Minggu 05 April 2020, 10:15 WIB
WARGA Surabaya begitu mengapresiasi kepedulian Tokoh Masyarakat Surabaya Machfud Arifin, di tengah himbauan pembatasan sosial berskala...
ANTARA/Abriawan Abhe

Cegah Covid-19, Umat Kristen di Kupang Ibadah di Rumah

👤Palce Amalo 🕔Minggu 05 April 2020, 10:00 WIB
Ada juga sejumlah gereja yang melakukan siaran langsung prosesi ibadah kepada jemaat melalui live streaming di Facebook, serta radio milik...
Dok  BPBD Toraja

Tiga Warga Meninggal Tertimbun Longsor di Toraja

👤Lina Herlina 🕔Minggu 05 April 2020, 09:25 WIB
Ketiganya ialah bapak bernama Bottong, 80, ibu bernama Rita, dan anak laki-laki bernama Yen, 12. Ketiganya tewas tertimbun longsor di dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya