Senin 24 Februari 2020, 14:41 WIB

KPU Cianjur Terima Berkas Dukungan dari 3 Paslon Perseorangan

Benny Bastiandy | Nusantara
KPU Cianjur Terima Berkas Dukungan dari 3 Paslon Perseorangan

MI/BENNY BASTIANDY
KPU Kabupaten Cianjur telah menerima berkas persyaratan pencalonan bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, Senin (24/2/2020).

 

PENYERAHAN berkas syarat dukungan minimal bakal calon perseorangan menjelang Pilkada Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ditutup per Minggu (23/2). Tiga bakal pasangan calon sudah menyerahkan berkas syarat dukungannya ke Komisi Pemilihan Kabupaten Cianjur.

Komisioner KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, mengatakan berdasarkan hasil rekap data, hingga Minggu (23/2) pukul 00.00 WIB, ada tiga bakal pasangan calon jalur perseorangan yang menyerahkan berkas syarat minimal dukungan. Ketiga bakal paslon itu yakni Muhammad Toha-Ade Sobari, Dadan Supardan-Irvan Helmy Khadafi, dan Hadi Muhidin-Dedy Suryadi.

"Yang menyerahkan berkas syarat minimal dukungan jadinya hanya tiga bakal paslon," kata Hilman kepada Media Indonesia, Senin (24/2).

Dari tiga bakal pasangan calon perseorangan itu, kata Hilman, dua di antaranya sudah mendapatkan tanda terima. Artinya, data berkas syarat dukungan itu bisa dilanjutkan untuk proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

"Satu lagi masih dalam proses pengecekan dan penghitungan Form B.1 KWK Perseorangan (pernyataan dukungan) dan B.1.1 KWK Perseorangan (daftar nama dukungan yang dikelompokan berdasarkan desa/kelurahan)," jelas Hilman.

Komisioner KPU Kabupaten Cianjur, Ridwan Abdullah, menambahkan berkas syarat minimal dukungan bakal paslon perseorangan yang diterima KPU belum dilakukan verifikasi. Saat ini tahapanbya masih pengecekan dan penghitungan.

"Sudah dicek dan dihitung, tapi belum diverifikasi," terang Ridwan.

Di Kabupaten Cianjur, bakal pasangan calon yang maju dari jalur perseorangan harus mengantongi sebanyak 6,5% atau 108.354 syarat dukungan minimal dalam bentuk model B1-KWK. Dukungan tersebut juga harus tersebar di 50%+1 jumlah wilayah di suatu daerah atau tersebar di 17 kecamatan.

Setelah pengecekan jumlah syarat dukungan dan sebaran dinyatakan memenuhi aturan, selanjutnya memasuki tahapan penelitian administrasi. Tahapan itu dilakukan dengan cara menyinkronkan data model B1 KWK dengan KTP elektronik ataupun surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kemudian selanjutnya dilakukan verifikasi faktual ke lapangan.

Tahapan verifikasi faktual akan dilakukan petugas penyelenggaran adhoc di tingkat desa (Petugas Pemungutan Suara). Setelah selesai, KPU akan melaksanakan rapat pleno rekapitulasi syarat minimal dukungan.

"Kalau ditemukan masih ada persyaratan yang kurang dari bakal pasangan calon jalur perseorangan, maka KPU memberikan ruang dan kesempatan perbaikan data pada 29 April-1 Mei 2020," ungkap Ridwan.

baca juga: Koalisi Pelangi Siap Tantang Petahana di Purbalingga

Data perbaikan itu nanti akan diulang untuk diteliti secara administrasi, diverifikasi faktual, serta direkapitulasi. Finalisasinya, menentukan bakal pasangan calon perseorangan tersebut memenuhi syarat atau tidak untuk ditetapkan melaju ke tahapan berikutnya.

"Jika sudah dinyatakan memenuhi syarat, maka bisa mendaftarkan diri yang dijadwalkan pada 16-18 Juni 2020," pungkasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA/SYIFA YULINNAS

Masyarakat Transportasi Minta Penetapan Tarif Baru Kapal Feri

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 April 2020, 20:34 WIB
Kementerian Perhubungan semestinya yang menerbitkan surat keputusan seputar seluruh jasa transportasi laut, udara, dan darat di...
MI/Widjajadi

Pemkot Solo Distribusikan Paket Sembako Warga Terdampak Covid 19

👤Widjajadi 🕔Minggu 05 April 2020, 19:35 WIB
Paket sembako ini untuk warga rentan miskin yang belum pernah menerima bantuan dari pemerintah...
Istimewa

Kepala Kejari Bantul Dinyatakan Sembuh Covid-19, Ini Pesannya

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 05 April 2020, 19:20 WIB
SETELAH dirawat di ruang isolasi RSUD Panembahan Senopati, Kepala Kejaksaan Negeri Bantul Zuhandi, diizinkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya