Senin 24 Februari 2020, 14:34 WIB

Jalan Tol Bebas Truk Besar Tahun Ini

Hilda Julaika | Ekonomi
Jalan Tol Bebas Truk Besar Tahun Ini

MI/Hilda Julaika
Petugas memeriksa kendaraan berlebihan muatan dan dimensi (ODOL) di di ruas Tol Kanci- Pejagan, Cirebon, Jawa Barat, Senin (24/2) .

 

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) unsur Kementerian PUPR Agita Widjajanto mengatakan pihaknya tengah berupaya agar pada 2020 jalan tol bisa bebas kendaraan Over Dimension and Over Load (ODOL) atau truk besar.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerugian biaya pemeliharaan yang harus dikeluarkan pemerintah apabila ODOL terus beroperasi melalui jalan tol.

"Kita sepakat 2020 ini bebas ODOL. Harus konsisten dalam rangka penegakan ODOL ini," ujar Agita di acara Aksi Keselamatan Jalan Tol di Cirebon, Senin (24/2).

Untuk menyukseskan program ini, sepanjang 2020 ini BPJT bekerja sama dengan beberapa pihak seperti, Ditjen Binamarga, Ditjen Perhubungan Darat, Korps Polri, dan Asosiasi tol.

Bentuk kerja sama yang dilakukan dengan melakukan kampanye keselamatan berkendara di jalan tol sekaligus penindakan terhadap ODOL yang melanggar ketentuan yang berlaku.

Kampanye akan dilakukan selama 2020 di setiap akhir bulan dengan titik yang berbeda. Selama akhir Februari 2020 ini kampanye keselamatan berkendara dilakukan di tol Kanci-Pejagan.

"Ini merupakan kampanye kedua, nanti sepanjang 2020 akan lakukan penindakan ODOL dan kampanye serupa. Setiap akhir bulan akan beginu supaya yang disepakati 12 November 2019 itu mulai dilaksanakan," imbuhnya. (E-3)

 

Baca Juga

Istimewa/bpjamsostek

Pelayanan Lapak Asik BPJAMSOSTEK Berjalan Lancar 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 15:21 WIB
Kegiatan Lapak Asik (Pelayanan Tanpa Kontak Fisik) BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Cilandak demi mencegah penyebaran pandemi Covid-19 sudah...
MI/AKHMAD SAFUAN

​​​​​​​Kementerian Siap Percepat Program Padat Karya Tunai

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 07 April 2020, 15:20 WIB
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, bekerja sama dengan balai-balai latihan kerja, melaksanakan program...
Antara/M Agung Rajasa

Hampir Semua Industri Telah Turunkan Produksi

👤 Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 07 April 2020, 15:10 WIB
Saat ini hanya industri besar dan pasarnya masih ada yang mampu bertahan untuk bisa tetap berproduksi, seperti halnya industri makanan,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya