Senin 24 Februari 2020, 14:21 WIB

UMS Bangun Edutorium Terbesar dan Termegah di Jateng

Ferdinand | Nusantara
UMS Bangun Edutorium Terbesar dan Termegah di Jateng

MI/FERDINAND
Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (24/2/2020)

 

UNIVERSITAS Muhammadiyah Surakarta (UMS) tidak lama lagi bakal memiliki gedung Edutorium yang diklaim terbesar dan termegah di Jawa Tengah. Gedung bergaya futuristik seluas 14.400 m2 di Edu Park Jalan Adi Sucipto, Karangasem, Laweyan, Surakarta itu ditargetkan sudah bisa difungsikan pada Maret mendatang.

"Proses pembangunannya sekarang sudah 95%. Ini merupakan edutorium terbesar dan termegah yang dimiliki perguruan tinggi," kata Rektor UMS, Sofyan Anif, Senin (24/2).

Sofyan tidak dapat menutupi rasa bangganya atas pembangunan Edutorium itu. Apalagi gedung tersebut sempat viral di media sosial lantaran desainnya disebut-sebut mirip stadion milik klub sepak bola Bayern Munchen, Allianz Arena. Edutorium yang berdiri di atas lahan seluas 54.842,78 m2 itu memiliki kapasitas 7.500 tempat duduk. Namun, karena masih banyak space kosong jika dimaksimalkan kapasitasnya bisa mencapai 12.000 orang.

baca juga: Fatayat NU Desak Pemkab Purwakarta Tutup Bank Emok

Disamping fungsi utamanya sebagai sport center dan tempat pertemuan, Edutorium itu juga akan digunakan sebagai museum peradaban Islam Asia Tenggara. Sofyan mengatakan, dengan proses pengerjaan yang sudah mencapai 95%, dia optimistis gedung itu selesai tepat waktu. Dengan demikian pada April mendatang sudah bisa diresmikan penggunaannya Ketua umum PP Muhammadiyah.

"Gedung ini nantinya juga digunakan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan-kegiatan Muktamar Muhammadiyah ke-48 pada 1-5 Juli mendatang," katanya. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Mentan Pastikan Pupuk tidak Bermasalah Lagi

👤LN/SS/N-3 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 04:10 WIB
“Semua provinsi, kabupaten dan kota sudah dialokasikan. Sampai hari sudah direalisasikan 74,09% dan masih ada 24% lebih belum...
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Dana Dikurangi, Penanganan Bencana Tetap Jalan

👤RF/DG/LD/JS/MR/PO/N-3 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 01:22 WIB
“Dengan dana Rp12 miliar, tahun ini kita tetap bekerja, tetapi sebatas melakukan normalisasi dan pengerukan sungai,” kata...
Antara/Embong Salampessy

KKP Salurkan Bantuan 24 Ton Pakan Ikan ke Maluku Utara

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 00:31 WIB
Bantuan ini merupakan tahap awal dari total 122 ton pakan ikan mandiri, yang akan didistribusikan ke 10 provinsi di wilayah Indonesia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya