Senin 24 Februari 2020, 14:15 WIB

Mahathir Mohamad Ajukan Pengunduran Diri

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Mahathir Mohamad Ajukan Pengunduran Diri

AFP/Mohd Rasfan
Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad.

 

PERDANA Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, mengumumkan pengunduran diri pada Senin (24/2). Langkah itu membuka peluang bagi pembentukan pemerintahan baru.

Dua sumber yang memiliki informasi langsung tentang masalah ini mengonfirmasi laporan tersebut. Sekaligus, menguatkan artikel berita sebelumnya yang diterbitkan Malaysia Insight, media yang berbasis di Kuala Lumpur.

Keputusan Mahathir menyusul konflik politik akhir pekan. Setelah dilaporkan pada Minggu malam bahwa partainya, Partai Pribumi Bersatu Malaysia, berencana untuk membentuk pemerintahan baru yang akan mengecualikan Anwar Ibrahim.

Perselisihan antara rival lama, yakni Mahathir dan Anwar, merupakan babak terakhir dalam saga politik yang melibatkan antara dua tokoh politik paling terkemuka di Negeri Jiran.

Anwar dan Mahathir bersatu jelang pemilihan 2018 untuk menumbangkan koalisi Barisan Nasional yang didominasi UMNO, setelah memerintah negara kawasan Asia Tenggara selama enam dekade. Mereka berhasil meraih kemenangan mengejutkan yang menyebabkan lengsernya PM saat itu, yakni Najib Razak.

Baca juga: Mahathir Menembus Batas Usia

Akan tetapi, ketegangan antara keduanya dalam koalisi Pakatan Harapan (Aliansi Harapan) terus tumbuh. Sebab, Mahathir enggan menetapkan jadwal khusus untuk memenuhi janjinya terkait penyerahan kekuasaan kepada Anwar.

Nasib politik koalisi telah berkurang dengan kekalahan dalam lima pemilihan sela belum lama ini. Hubungan Anwar dengan rekan separtai, Mohamed Azmin Ali, sekaligus menteri urusan ekonomi, pun mengalami keretakan. Azmin termasuk di antara mereka yang bergabung dalam pertemuan pada Minggu malam.

Anwar adalah wakil Mahathir ketika menjabat PM Malaysia selama periode 1981-2003. Namun, Mahathir memecatnya pada 1998 setelah berbeda pendapat dengan Anwar tentang penanganan krisis keuangan.

Segera setelah itu, Anwar dipenjara karena tuduhan sodomi, kasus yang disinyalir sengaja dibuat-buat.(Aljazeera/OL-11)

Baca Juga

STR / AFP

Tiongkok Terus Pasok Alat Tes Virus Korona

👤SCMP/Hym/X-11 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:40 WIB
PERUSAHAAN-perusahaan alat kesehatan Tiongkok terus berlomba memproduksi alat tes virus korona demi memenuhi permintaan berbagai negara di...
Bhuvan BAGGA / AFP

Modi Minta Maaf kepada Kaum Miskin

👤AlJazeera/Hym/I-1 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:20 WIB
Kritik meningkat karena kurangnya perencanaan yang memadai sebelum keputusan...
JIM WATSON / AFP

Trump Perpanjang Kebijakan Social Distancing

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 30 Maret 2020, 23:00 WIB
Kebijakan social distancing atau jaga jarak sosial di Amerika Serikat (AS) diperpanjang hingga 30 April 2020. AS akan berada di jalan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya