Senin 24 Februari 2020, 14:07 WIB

Fatayat NU Desak Pemkab Purwakarta Tutup Bank Emok

Reza Sunarya | Nusantara
Fatayat NU Desak Pemkab Purwakarta Tutup Bank Emok

ANTARA
Ilustrasi

 

FATAYAT Nahdatul Ulama Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mendesak Bupati Purwakarta dan DPRD Jawa Barat untuk segera menerbitkan Peraturan Daerah larangan beroperasinya Bank Emok di Kabupaten Purwakarta. Keberadaan Bank Emok yang sudah meresahkan warga Purwakarta, Jawa Barat dikritisi Fatayat NU Kabupaten Purwakarta. Karena berawal dari kesulitan ekonomi di masyarakat, banyak warga yang kini terlibat utang piutang dengan bunga tinggi akibat merebaknya Bank Emok.
 
"Masyarakat akhir akhir ini menjadi keresahan bagi kaum ibu dan lainya. Utang piutang yang terjadi di masyarakat lewat pinjaman langsung atau sering disebut bang Emok betul-betul meresahkan. Kami  dari Fatayat meminta pada Bupati Kabupaten Purwakarta untuk membuat Perda larangan Bank Emok beroperasi di Kabupaten Purwakarta," kata Ketua Fatayat NU Kabupaten Purwakarta, Nyimas D Badriah, Senin (24/2).

Menurut, Nyimas D. Badriah, peraturan daerah yang melarang keberadaan Bank Emok, turunannya bisa dijadikan Peraturan Desa (Perdes) di Masing-masing Desa.

"Desa bisa membuat bank-bank desa yang alokasi pendanaanya bisa menggunakan dana desa untuk simpan pinjam masyarakat desa. Dan ini  juga bisa meningkatkan pemberdayaan dan perekonomian masyarakat desa sehingga Bank Emok tak bisa lagi beoperasi di desa-desa," lanjut Nyimas.

baca juga: Bangka Belitung, Provinsi Pertama Raih Halal Award

Ia menambahkan Fatayat NU siap membantu Pemkab Purwakarta untuk menyosialisasikan dan menggerakkan kader-kader untuk berpartisipasi aktif dalam program tersebut.

"Semoga keinginan ini bisa menjadi perhatian serius  Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika," pungkasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/ Akhmad Saufa

Gegara Covid, 2500 Karyawan Hotel di Sumbar Dirumahkan

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 01:51 WIB
Sampai saat ini,  tercatat 26 dari 80 hotel di Sumbar yang sudah tutup. Bahkan, dia memperkirakan ada beberapa hotel lagi yang akan...
MI/Alexander P.Taum

Bupati Sikka Relakan Rumdinnya Jadi Area Karantina KM Lambelu

👤Alexander P. Taum 🕔Rabu 08 April 2020, 00:56 WIB
Sebanyak 233 orang akan dikarantina di rumah dinas Bupati Sikka menyusul ditemukannya 3 orang positif terinfeksi covid-19 di kapal yang...
MI/ Alexander P Taum

Frustasi, Penumpang KM Lambelu Nekat Terjun ke Laut

👤Alexander P Taum 🕔Rabu 08 April 2020, 00:40 WIB
Mereka nekat melakukan itu dipicu keputusan Bupati Sikka Fransiskus Robertto Diogo yang melarang KM Lambelu merapat ke pelabuhan laut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya