Senin 24 Februari 2020, 12:59 WIB

Puan: Mahkamah Kehormatan Dewan Jangan Tutupi Pelanggaran Anggota

Deden Muhamad Rojani | Politik dan Hukum
Puan: Mahkamah Kehormatan Dewan Jangan Tutupi Pelanggaran Anggota

MI/SUSANTO
Ketua DPR Puan Maharani di Gedung Nusantara II DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/02/2020).

 

KETUA DPR RI Puan Maharani mengatakan Mahkamah Kehormaatan Dewan (MKD) bisa melakukan fungsi pencegahan dan mitigasi agar tidak ada anggota Dewan yang melakukan pelanggaran kode etik di depan publik. Fungsi pencegahan tersebut bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada anggota Dewan.

“Jadi lembaga DPR yang tadinya di bulan oktober 2019, kepercayaan masyarakat itu katanya hanya 40%, sekarang itu mulai bulan Januari ini sudah naik jadi 50,5%, artinya ada harapan, ada kepercayaan dari publik kepada anggota DPR untuk bisa memperbaiki kinerjanya,” ungkap Puan, Senin (24/2).

Baca juga: Asap Tebal di DPR bukan Kebakaran

Ia menyampaikan itu usai memberikan sambutan pada acara Seminar Nasional MKD DPR RI, di Hotel Crowne Plaza, Jakarta.

Puan pun menjelaskan, fungsi MKD jika ada laporan dari masyarakat, MKD bisa melakukan mitigasi, bukan kemudian ditutup-tutupi, melainkan memberi tahu, melarang, dan menjelaskan bahwa pelanggaran oleh anggota Dewan tidak boleh dilakukan kembali.

Puan berharap seluruh anggota Dewan bisa menjalankan tugasnya masing-masing sebagai fungsi legislasi, fungsi budgeting dan juga pengawasan. Anggota Dewan, kata Puan, harus mempunyai komitmen waktu, kehadiran, dan menjalankan tugasnya untuk turun ke daerah pemilihan (dapil).

“Itu tentu harus perlahan-lahan dilakukan, tentu saja ini tidak bisa dilakukan seorang diri, tapi harus bersama-sama bergotong royong, dan semua tugas yang ada untuk melakukan itu tentu saja semuanya ada di MKD. Ini merupakan tanggung jawab dan kewajiban seluruh anggota Dewan,” pungkasnya. (Dmr/A-3)

Baca Juga

BIRO PERS SETPRES/LUKAS

Reformasi Struktural Jalan Terus meski Pandemi

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 04:15 WIB
Jokowi meminta untuk menjadikan krisis sebagai momentum guna melakukan lompatan-lompatan kemajuan yang mungkin akan lamban jika dilakukan...
DOK: KLHK

Kementerian LHK Dukung Padat Karya Lewat Penanaman Mangrove

👤JI/S3-25 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 04:12 WIB
Keberhasilan pemulihan mangrove juga akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Luhut menyampaikan apabila mangrovenya dalam kondisi...
MI/Adam Dwi

Pesantren Diminta Lahirkan Santri Gus Iwan

👤Mir/X-11 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:59 WIB
Pesantren harus bangun, tidak boleh tidur. Mari kita bangkit mengembangkan santri yang kuat sehingga negara juga menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya