Senin 24 Februari 2020, 12:52 WIB

WNI di World Dream akan Dievakuasi ke Pulau tidak Berpenghuni

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
WNI di World Dream akan Dievakuasi ke Pulau tidak Berpenghuni

AFP/Philip FONG
Kapal pesiar World Dream

 

PEMERINTAH telah memutuskan memulangkan 188 WNI yang ada di kapal pesiar World Dream.

Ratusan WNI kru kapal pesiar itu akan dijemput dengan kapal KRI Seoharso milik TNI Angkatan Laut dan akan diobservasi di salah satu pulau tidak berpenghuni di Kepulauan Seribu.

"Sementara yang kita putuskan untuk mengevakuasi anak buah kapal dari kapal World Dream. Lokasi sudah disiapkan yaitu di pulau yang tidak berpenghuni, di Pulau Sebaru I," ungkap Menko PMK Muhadjir Effendy usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/2).

Baca juga: Ahli Sebut Penularan Virus Korona Lebih Cepat di Kapal Pesiar

Muhadjir mengatakan KRI Soeharso saat ini sudah berlayar untuk melakukan penjemputan. Ratusan WNI tersebut nantinya akan dipindahkan dari kapal World Dream ke KRI Soeharso dan tetap akan menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan.

"Di KRI Soeharso (WNI) akan diobservasi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan TNI AU," imbuhnya.

Terkait dengan lokasi observasi di Pulau Sebaru I, Muhadjir menyatakan pemerintah memilihnya lantaran dianggap sebagai tempat yang aman karena tidak berpenghuni.

"Pokoknya ada tempat yang kita anggap aman. Karena ada pulau yang tidak ada penghuninya, kita tinggal pakai aja," imbuh mantan Mendikbud itu.

Sebelum dipulangkan, para kru WNI telah diperiksa kesehatannya oleh Departemen Kesehatan Hong Kong. Hasil pemeriksaan menyatakan seluruh kru WNI terbebas dari virus korona.

Ada pun kapal World Dream tersebut sudah melepaskan jangkar di perairan internasional di dekat kepulauan Bintan, Riau, untuk keperluan penjemputan WNI kru kapal. (OL-1)

Baca Juga

DOK MI

Bangkit Pulihkan Negeri untuk Indonesia Maju

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 08:00 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan kegiatan pendukung dan manajemen yang dinilai tidak relevan di masa darurat...
Istimewa

Komite III DPD RI dan Mendkibud Jalin Komitmen Pendidikan Bermutu

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 07:43 WIB
Komite III DPD RI memandang, diperlukan pelbagai penyesuaian dalam penyelenggaraan pendidikan tanpa mengesampingkan komitmen pendidikan...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Sosialisasi AN Digesa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 26 Oktober 2020, 05:05 WIB
Asesmen nasional sebagai pengganti UN dinilai sama sekali belum dipahami oleh sekolah dan siswa, baik di kota besar apalagi di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya