Senin 24 Februari 2020, 11:15 WIB

Penasehat Keamanan Trump Bantah Rusia Intervensi Pemilu 2020

Nur Aivanni | Internasional
Penasehat Keamanan Trump Bantah Rusia Intervensi Pemilu 2020

AFP/SAUL LOEB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

PENASEHAT Keamanan Nasional Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Robert O'Brien, mengatakan dirinya belum melihat adanya campur tangan Rusia untuk membuat Trump terpilih kembali dalam pemilihan presiden 2020.

Klaim O'Brien tersebut muncul dalam sebuah wawancara dengan ABC This Week.

Sebelumnya, dilaporkan para pejabat intelijen AS memberi tahu Komite Intelijen DPR bahwa Rusia lagi-lagi berusaha membantu Trump agar terpilih kembali untuk periode kedua.

Merespons hal tersebut, Trump mengganti penjabat Direktur Intelijen Nasional Joseph Maguire dengan Richard Grenell. Grenell adalah loyalis Trump yang telah menjabat sebagai duta besar untuk Jerman.

Baca juga: Bennie Sanders Kandidat Kuat Penantang Trump

Justru, O'Brien mengatakan dirinya menerima laporan bahwa Rusia mendukung kandidat Bernie Sanders dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat. Ia mengaku tidak terkejut jika Rusia mendukung Sanders.

O'Brien menekankan dirinya belum melihat adanya analisa yang menunjukkan upaya Rusia turut campur tangan dalam pemilihan 2020 untuk membantu kemenangan Trump.

"Saya belum melihat adanya intelijen bahwa Rusia sedang melakukan apa saja untuk mencoba agar Presiden Trump terpilih kembali," katanya, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (23/2).

Chris Murphy, seorang Demokrat dari Connecticut di komite hubungan luar negeri Senat, mengatakan bahwa O'Brien telah membuat "pernyataan politik" dan sebagai penasihat keamanan nasional seharusnya "menjauh dari politik". (The Guardian/OL-1)

Baca Juga

Antara

Vietnam Protes Penenggelaman Kapal oleh Tiongkok

👤Antara 🕔Sabtu 04 April 2020, 17:17 WIB
Vietnam dan Tiongkok telah bertahun-tahun terlibat dalam pertikaian tentang bentangan perairan yang berpotensi kaya energi, yang disebut...
AFP

Korban Jiwa Akibat Covid-19 di Inggris Tembus 3.600

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 04 April 2020, 17:00 WIB
Dorongan ‘tinggal di rumah’ adalah instruksi, bukan permintaan. Petugas medis setempat meminta setiap orang untuk tidak...
AFP/DIBYANGSHU SARKAR

India Persiapkan Skenario Perpanjangan Karantina Wilayah

👤Antara 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:57 WIB
Karantina bisa diperpanjang di Mumbai dan daerah perkotaan Maharashtra dalam dua...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya