Minggu 23 Februari 2020, 21:18 WIB

FIBA Asia 2021, Filipina Pecundangi Tuan Rumah Indonesia

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
FIBA Asia 2021, Filipina Pecundangi Tuan Rumah Indonesia

Antara
Pebasket Tim Nasional Indonesia Abraham Damar Grahita tertunduk usai melawan Tim Nasional Filipina.

TIMNAS basket Indonesia harus bertekuk lutut di kandang sendiri melawan Filipina dengan skor 100-70, dalam laga kedua kualifikasi Grup A Kejuaraan FIBA Asia 2021 yang berlangsung di Mahaka Arena, Jakarta, Minggu (23/2).

Hadirnya Abraham Damar Grahita nyatanya tetap tak bisa membuat Indonesia memberikan kejutan melawan Filipina.

Di kuarter pertama, laga berlangsung cukup alot. Hingga waktu berjalan tiga menit, baik Indonesia maupun Filipina hanya mampu mencetak masing-masing tiga angka.

Baca juga:Greysia/Apriyani Kampiun Spanyol Masters

Pertandingan mulai memanas saat memasuki enam menit tersisa. Kedua tim saling bergantian memimpin angka sebelum Filipina menutup kuarter pertama dengan keungulan 15-18.

Memasuki kuarter kedua, Indonesia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 17-18 melalui lemparan dua angka Andakara Prastawa. Namun, Filipina mengamuk dengan mencetak 14 angka beruntun hingga skor berubah 17-32.

Di kuarter ketiga, Indonesia mulai tancap gas. Lagi-lagi Prastawa kembali menjadi momok menakutkan bagi Filipina. Prastawa kembali menyumbangkan dua angka, sehingga Indonesia hanya terpaut empat poin dari Filipina.

Namun, momentum Indonesia menyusul perolehan angka dari lawan harus sirna. Beberapa kesalahan sendiri dilakukan Vincent Rivaldi Kosasih dkk. Filipina yang menurunkan pebasket mudanya pun menjauh 34-45.

Filipina semakin mendominasi di kuarter ketiga. Indonesia banyak kehilangan bola sehingga dan tak mampu membalas poin saat menyerang. Bahkan Indonesia melakukan turn over hingga 11 kali. Sementara Filipina hanya mencatatkan sembilan kali.

Pebasket nomor 0 Filipina, Thirdy Ravena mampu menjadi pembeda dengan aksi dan gerakannya dalam mencetak angka. Hingga kuarter tiga saja pemain amatir di Filipina itu meraih 23 poin seorang diri.

Indonesia semakin terpuruk di kuarter keempat. Pebasket seperti Hardianus Lakudu, atau Abraham banyak melakukan kesalahan saat menyerang. Sehingga banyak poin terbuang sia-sia.

Kepercayaan diri yang telah dibentuk di kuarter dua, nyatanya pupus di kuarter empat. Poin demi poin dicetak dengan muah oleh Jaymar Perez dkk. Tim Garuda semakin kehilangan taji dan kalah 70-100.

Kubu Indonesia melakukan total 16 turnover. Abraham dan Hardiamus tercatat kehilangan bola twrbanyak dengan masing-masing empat kesalahan.

Thirdy Ravena menjadi pemain penyumbang angka terbanyak dengan 23 poin. Sementara dari skuat Indonesia, Andakara tampil dominan dengan 28 angka, disusul 17 angka dari Abraham.

Indonesia masih punya kesempatan lolos ke dari kualifikasi FIBA Asia 2021. Windows atau tahap kedua dan ketiga akan berlangsung pada November tahun ini dan Februari 2021 mendatang.

Selain bakal kembali menghadapi Korea Selatan dan Filipina. Indonesia juga akan menghadapi dua laga dengan Thailand. (Ykb/A-3)

Baca Juga

ANTARA/Sigid Kurniawan

Indonesia Terbuka Resmi Ditunda

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 05:18 WIB
Turnamen Super 1.000 itu sebelumnya dijadwalkan digelar pada 16-21 Juni 2020 di Istora Senayan,...
AFP

Olimpiade Ditunda, Atlet Disarankan Jaga Kesehatan Mental

👤Ant 🕔Selasa 07 April 2020, 02:19 WIB
"Anda menghabiskan empat tahun dan tahu pasti kapan saatnya beraksi, tubuh sudah siap, tetapi tiba-tiba dipaksa menanti," kata...
AFP

Nadal dan Djokovic Bertanding di Turnamen Tenis Online

👤Ant 🕔Selasa 07 April 2020, 01:34 WIB
Turnamen ini juga bertujuan menggalang dana bagi tokoh olah raga serta masyarakat yang terdampak pandemi virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya