Senin 24 Februari 2020, 01:05 WIB

Bank DKI Jadi Contoh Sinergi BUMD

MI | Ekonomi
Bank DKI Jadi Contoh Sinergi BUMD

ANTARA
Bank DKI

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mendorong Bank DKI terus mengembangkan sinergi badan usaha milik daerah (BUMD) agar ke depan bisa jadi contoh bagi bank pembangunan daerah (BPD) lainnya.

“Kami apresiasi dengan dimulai oleh Bank DKI yang membangun sinergi dengan baik. Kami ajak kawan-kawan BPD lainnya untuk meniru DKI agar sinergi di daerah bisa membangun daerah masing-masing,” kata Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK, Achmad Soekro Tratmono, pada Seminar BPD Seluruh Indonesia dan Sinergi BUMD DKI Jakarta di Jakarta, Sabtu (22/2).

Ia menambahkan, OJK ingin agar BPD menjadi tuan rumah di daerah mereka bagi pembangunan dan mengembangkan potensi daerah agar menjadi modal utama pembangunan daerah.

“Karena BPD adalah bank yang tahu kultur dan karakter perilaku daerahnya. Karena itu, OJK akan mendorong BPD untuk lebih maju,” ujar Soekro.
Untuk mewujudkan hal itu, OJK membuat masterplan 2020-2024 yang berisi beberapa hal.

Pertama, penguatan ketahanan dan daya saing dengan cara konsolidasi dan perkuatan permodalan.
Kedua, transformasi BPD ke sistem digital dan digitalisasi produk. Ketiga, percepatan perkembangan ekosistem jasa keuangan.

Keempat, meningkatkan literasi inklusi keuangan. Kelima, percepatan dan perluasan pengawasan berbasis teknologi. Keenam, peningkatan skala ekonomi industri melalui skala peningkatan minimum dan akselerasi konsolidasi serta mitigasi risiko yang ada.

“Kami ingin BPD lebih maju dan lebih bermanfaat pada masyarakat daerah. Kami sambut baik sinergi yang terus dikembangkan. Melalui sinergi, kami juga dorong BPD untuk konsolidasi menyelesaikan permasalahan BPD. Jadilah BPD tuan rumah di daerahnya,” tuturnya.

Direktur Utama Bank DKI Zainuddi­n Mappa mengatakan sinergi BUMD itu telah menjadi fokus dari Bank DKI selama tiga tahun dengan nilai (value) transaksi mencapai Rp3 triliun hingga 2019.

“Ke depan, kita akan mengikuti pe­ren­canaan yang dilakukan tiap BUMD. Misal MRT yang akan membangun jalur Ujung Menteng ke Kalideres, itu kita juga akan ajak BPD lain untuk ikut serta melalui sindikasi, tapi jumlahnya tergantung kebutuhan dana berapa dan kesiapan BPD sendiri,” ujar Zainuddin. (Ant/E-2)

Baca Juga

DOK MANDIRI SYARIAH

BI Dorong Penggunaan Wakaf Lintas Negara untuk Bangun Ekonomi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:29 WIB
Bank Indonesia (BI) menilai, wakaf yang tertata dengan baik dan didukung oleh teknologi diharapkan dapat mendorong mobilisasi dana...
Dok Kementan

PUPR Pastikan Irigasi di Food Estate Kalteng Mengalir Baik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:16 WIB
Pengembangan food estate di Kalteng untuk tanaman padi di lahan aluvial seluas 165.000 hektare (Ha) yang merupakan lahan eks-Pengembangan...
Ist/Kementan

Kementan Apresiasi Ekspor Perdana Telur Tetas oleh CJ PIA

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 08:03 WIB
Ekspor yang dilakukan PT CJ PIA ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan ekspor komoditas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya